Blog

Opini

High Tech Low Tech

Berpikir Sederhana Saja

Dalam menyelesaikan sebuah masalah sebaiknya selalu gunakan pendekatan yang terbaik. Jangan memakai analisa yang berlebihan dan gunakan pendekatan yang sesuai dengan pokok permasalahan. Sekitar setahun yang lalu saya sempat terlibat dalam rapat lingkungan. Intinya adalah untuk memperbaiki sedikit bagian jalan yang rusak karena terus menerus diguyur oleh aliran air yang meluap dari got. Bagian ini sejatinya berukuran sekitar 2X6 meter namun sangat vital karena kendaraan tidak bisa lewat jika tidak diperbaiki segera.

Read more...

Negeri Anti Antri

Capek AntriSehabis main-main ke taman kota, anak pertama saya tiba-tiba ingin sekali makan jajanan favoritnya. Dengan gaya seorang anak 4 tahun dia merengek kepada saya dan ibunya. Lalu kami memutuskan untuk berhenti sejenak di sebuah toko. Lalu putri kami masuk sendiri untuk berbelanja setelah diberi uang yang cukup untuk membeli jajanannya itu. Lama berselang putri kami belum juga muncul sampai akhirnya isteri saya memutuskan untuk masuk melihat ke dalam.

Read more...

A Happy Religion

Pembicaraan kami dimulai saat dia datang dan berdiri di sebelah saya. Sambil permisi menyalakan rokoknya dia kemudian mengajukan beberapa pertanyaan tentang pertunjukan yang sedang dilihatnya. Namanya Peter, seorang turis asal Denmark yang saya temui di daerah Ubud saat saya sedang menghadiri upacara di rumah istri saya. 

Read more...

Penjilat-Induk Segala Kejahatan

Koruptor masuk penjara itu sudah biasa. Provokator dibui, itu juga bukan barang langka. Maling ayam masuk sel juga sering kita dengar. Ketiga contoh itu adalah jenis kejahatan yang mewakili hampir semua level ekonomi dan level pendidikan dalam masyarakat kita. Namun ada satu jenis penjahat yang tidak pernah tersentuh namun pada kenyataannya ada. Penjilat adalah induk segala kejahatan.

Read more...

Kemampuan Menerima Kritik

Menerima dan mendengar kritikan adalah sebuah kemampuan yang tidak dimiliki semua orang. Tidak semua dari kita bisa menerima kritikan yang disampaikan oleh orang lain kepada kita. Dikiritik adalah memang bukan hal yang menyenangkan, karena ini berhubungan dengan kinerja kita. Masudnya kita dikiritik pastilah karena sesuatu yang buruk, kalau baik pastinya dipuji :)

Read more...

Belajar Ketulusan Dari Anak-Anak

Melupakan dan memaafkan dengan cepat adalah hal yang layak dipelajari kembali dari masa kanak-kanak kita. Dulu seberapun kerasnya kita berselisih dengan teman-teman sewaktu kecil, kita masih bisa dengan cepat memaafkan dan melupakan masalah yang terjadi. Tanpa memerlukan proses memaafkan, kita bisa langsung akrab kembali. Saat kita sudah bermain bersama kembali maka saat itulah kita sudah memaafkan dan melupakan yang terjadi.

Read more...

Pengemis Vs DPR

Pertanyaan klasik tentang mana yang lebih dahulu telur atau ayam, sekarang mendapat saingan. Saingannya adalah mana yang saling meniru, DPR atau pengemis. Memang bukan sepenting pembahasan mengenai telur dan ayam, tapi pertanyaan tentang DPR dan pengemis ini lumayan menyita otak saya. Terutama saat saya sedang jongkok di toilet (seperti biasanya)

Read more...

GNU's Not Unix!

Walaupun tidak bisa 100% Open Source, tapi saya adalah big fans of Open Source. Salut untuk penggiat Open Source sehingga kita berkesempatan untuk belajar dan berbagi besama. 

Ubuntu Linux

Ubuntu adalah OS resmi saya  dari tahun 2005 dan hanya 2 kondisi yang bisa memaksa saya untuk tidak memakai Linux. Istri saya ngambek karena tidak terbiasa dengan interface dan komputer di kantor yang semuanya memakai Window$.

Green Peace

Sangat mengagumi kegigihan para pejuang lingkungan di Greenpeace. Salut untuk semua usaha mereka untuk mewariskan lingkungan yang terjaga untuk anak cucu kita. 

Ernesto Guevara de la Serna

Sikap dan prinsipnya belum ada yang bisa meniru sampai saat ini.

Guns n Roses

Love the music so much. Saya menyebutnya musik yang serius dan nggotanya genius. Setelah Guns n Roses bubar, menurut saya perkembangan musik dunia sudah berhenti (Maksa.......)  

Joomla. Because Open Source Matter

Joomla memberikan kemudahan luar biasa untuk urusan blogging. Memang sempat terpikir untuk memakai Wordpress seperti kebanyakan blogger lain tapi karena sudah kadung lengket dengan Joomla maka saya tetap setia dengan Joomla. Sampai suatu saat Joomla tidak Open Source lagi. 

Copyright © 2014. All Rights Reserved.