Blog

Opini

High Tech Low Tech

Penjilat-Induk Segala Kejahatan

 

Koruptor masuk penjara itu sudah biasa. Provokator dibui, itu juga bukan barang langka. Maling ayam masuk sel juga sering kita dengar. Ketiga contoh itu adalah jenis kejahatan yang mewakili hampir semua level ekonomi dan level pendidikan dalam masyarakat kita. Namun ada satu jenis penjahat yang tidak pernah tersentuh namun pada kenyataannya ada. Penjilat adalah induk segala kejahatan.

Ya benar, penjilat adalah penjahat yang saya maksud. Penjilat tidak mengenal tingkat pendidikan dan ekonomi. Dari awal peradaban sampai pada masa sekarang, keberadaan penjilat selalu ada. Generasi modern sekarang ini agak kurang beruntung karena tidak bisa mengetahui hukuman untuk penjilat. Saat masa dimana rasa lebih diutamakan daripada hukum formal, penjilat dapat dihukum berdasarkan tindakannya sebagai penjilat. Namun sekarang tidak ada hukum yang mengatur tentang penjilat. Mungkin hal inilah yang mendorong makin liarnya tindakan para penjilat.

Tidak ada hubungan antara tingkat pendidikan dengan penjilat. Mereka ada di semua level pendidikan. Begitu juga dengan tingkat ekonomi. Menjilat bisa jadi dilatarbelakangi berbagai motivasi. Namun semuanya berujung kepada peraihan materi. Jalannya bisa jadi bermacam-macam semisal kekuasaan. Namun tujuan utama seorang penjilat adalah raihan materi.

Akibat yang ditimbulkan oleh penjilat juga beragam. Dari sederhana semisal renggangnya hubungan pertemanan, sampai pada tingkat serius seperti rusaknya hubungan suatu negara. Namun yang pasti, penjilat selalu membawa hal buruk bagi semua pihak termasuk sang penjilat itu sendiri. Untuk yang dijilat pasti rugi karena tertipu. Untuk yang menjilat akan kehilangan kepercayaan jika ketahuan menjilat.

Nah kalau anda sudah mengerti sekarang maka janganlah melakukan hal ini. Urungkan niat anda untuk menjilat. Jika anda kebetulan menemukan seseorang sedang menjilat maka ingatkan dia untuk jangan menjilat. Dan kalau anda sekarang ternyata merasa sedang dijilat maka jauhkan diri anda dari penjilat. Karena mereka dari dulu sampai sekarang adalah jenis orang yang tidak berguna.

 

 

Selamat (jangan) menjilat   

GNU's Not Unix!

Walaupun tidak bisa 100% Open Source, tapi saya adalah big fans of Open Source. Salut untuk penggiat Open Source sehingga kita berkesempatan untuk belajar dan berbagi besama. 

Ubuntu Linux

Ubuntu adalah OS resmi saya  dari tahun 2005 dan hanya 2 kondisi yang bisa memaksa saya untuk tidak memakai Linux. Istri saya ngambek karena tidak terbiasa dengan interface dan komputer di kantor yang semuanya memakai Window$.

Green Peace

Sangat mengagumi kegigihan para pejuang lingkungan di Greenpeace. Salut untuk semua usaha mereka untuk mewariskan lingkungan yang terjaga untuk anak cucu kita. 

Ernesto Guevara de la Serna

Sikap dan prinsipnya belum ada yang bisa meniru sampai saat ini.

Guns n Roses

Love the music so much. Saya menyebutnya musik yang serius dan nggotanya genius. Setelah Guns n Roses bubar, menurut saya perkembangan musik dunia sudah berhenti (Maksa.......)  

Joomla. Because Open Source Matter

Joomla memberikan kemudahan luar biasa untuk urusan blogging. Memang sempat terpikir untuk memakai Wordpress seperti kebanyakan blogger lain tapi karena sudah kadung lengket dengan Joomla maka saya tetap setia dengan Joomla. Sampai suatu saat Joomla tidak Open Source lagi. 

Copyright © 2014. All Rights Reserved.