Blog

Opini

High Tech Low Tech

Menghadapi Psikopat Di Tempat Kerja

 

Menurut Wikipedia psikopat tidak sama dengan orang gila. Mereka bisa saja terlihat normal dan bisa bergaul seperti orang kebanyakan. Namun setelah proses interaksi mereka akan menunjukkan gejala psikopat. Hal yang khas dari mereka adalah mereka sadar betul atas semua perbuatan “buruk” mereka namun mereka tidak ada rasa menyesal atas itu semua.

Nah kita pasti pernah menghadapi beberapa orang dengan perilaku mirip psikopat. Walaupun mungkin mereka sebenarnya bukan psikopat karena diperlukan tes yang mendalam untuk memastikan seseorang sebagai pskopat. Namun setidaknya kita pasti pernah menemukan beberapa dari ciri-ciri seorang psikopat dalam tempat kerja kita.

Yang paling susah adalah saat mereka menganggap dirinya paling benar dan cenderung menyalahkan orang lain. Lalu melakukan kebohongan yang mereka lakukan secara sadar dan tanpa rasa bersalah. Diperparah lagi dengan sikapnya yang acuh terhadap lingkungan. Dalam artian sang psikopat tidak akan merasa terbebani kalau orang lain tidak menyukainya. Jadi kalau anda kebetulan berinteraksi dengan orang seperti ini maka ada beberapa hal yang bisa dilakukan.

 

  1. Bersabar, jangan sampai terpancing emosi karena akan mengakibatkan kita mengambil tindakan yang diluar akal sehat. Hal ini bisa mengakibatkan kita seolah menjadi salah dan mendapat sanksi.
  2. Buat catatan dan administrasi yang rapi dan baik sebagai bahan untuk mem-back up kalau seandainya sang psikopat melakukan kebohongan.
  3. Laporkan kepada atasan kalau memang sang psikopat melakukan hal-hal yang menganggu kinerja kita. Atau seandainya dia melakukan intimidasi. Berhati-hatilah dalam melakukan pelaporan agar kita tidak di cap suka mengadu atau lebih parah lagi pengadu domba. Laporkan hanya yang berupa fakta, jangan sertakan asumsi dan prasangka.
  4. Kalau sang psikopat adalah atasan maka laporkan kepada personalia. Sama seperti poin no. 3, lakukan pelaporan dengan hati-hati.

 

Gejala Psikopat (WikiPedia)

 1.  Sering berbohong, fasih, dan dangkal

 2.  Egosentris dan menganggap dirinya hebat.

 3.  Tidak punya rasa sesal dan rasa bersalah. Meski kadang psikopat mengakui perbuatannya namun ia sangat meremehkan atau menyangkal akibat tindakannya dan tidak memiliki alasan untuk peduli.

 4.  Senang melakukan pelanggaran ketika waktu kecil

5.  Sikap acuh tak acuh terhadap masyarakat.

6.  Kurang empati. Bagi psikopat memotong kepala ayam dan memotong kepala orang, tidak ada bedanya.

7.  Psikopat juga teguh dalam bertindak agresif, menantang nyali dan perkelahian, jam tidur larut dan sering keluar rumah.

8.  Impulsif dan sulit mengendalikan diri. Untuk psikopat tidak ada waktu untuk menimbang baik-buruknya tindakan yang akan mereka lakukan dan mereka tidak peduli pada apa yang telah diperbuatnya atau memikirkan tentang masa depan. Pengidap juga mudah terpicu amarahnya akan hal-hal kecil, mudah bereaksi terhadap kekecewaan, kegagalan, kritik, dan mudah menyerang orang hanya karena hal sepele.

9.  Tidak mampu bertanggung jawab dan melakukan hal-hal demi kesenangan belaka.

10. Manipulatif dan curang. Psikopat juga sering menunjukkan emosi dramatis walaupun sebenarnya mereka tidak sungguh-sungguh. Mereka juga tidak memiliki tanggapan fisiologis yang secara normal diasosiasikan dengan rasa takut seperti tangan berkeringat, jantung berdebar, mulut kering, tegang, ataupun gemetar. Pengidap psikopat tidak memiliki perasaan tersebut, karena itu psikopat seringkali disebut dengan istilah "dingin".

11. Hidup sebagai parasit karena memanfaatkan orang lain untuk kesenangan dan kepuasan dirinya.

 

 

 

 

GNU's Not Unix!

Walaupun tidak bisa 100% Open Source, tapi saya adalah big fans of Open Source. Salut untuk penggiat Open Source sehingga kita berkesempatan untuk belajar dan berbagi besama. 

Ubuntu Linux

Ubuntu adalah OS resmi saya  dari tahun 2005 dan hanya 2 kondisi yang bisa memaksa saya untuk tidak memakai Linux. Istri saya ngambek karena tidak terbiasa dengan interface dan komputer di kantor yang semuanya memakai Window$.

Green Peace

Sangat mengagumi kegigihan para pejuang lingkungan di Greenpeace. Salut untuk semua usaha mereka untuk mewariskan lingkungan yang terjaga untuk anak cucu kita. 

Ernesto Guevara de la Serna

Sikap dan prinsipnya belum ada yang bisa meniru sampai saat ini.

Guns n Roses

Love the music so much. Saya menyebutnya musik yang serius dan nggotanya genius. Setelah Guns n Roses bubar, menurut saya perkembangan musik dunia sudah berhenti (Maksa.......)  

Joomla. Because Open Source Matter

Joomla memberikan kemudahan luar biasa untuk urusan blogging. Memang sempat terpikir untuk memakai Wordpress seperti kebanyakan blogger lain tapi karena sudah kadung lengket dengan Joomla maka saya tetap setia dengan Joomla. Sampai suatu saat Joomla tidak Open Source lagi. 

Copyright © 2014. All Rights Reserved.