Blog

Opini

High Tech Low Tech

Lebih Baik Mencoba Tapi Gagal Daripada Gagal Mencoba

 

Suatu hari anak saya sangat antusias dengan akibat dari kesalahan yang saya buat. Waktu itu usianya dua tahun, sedang lucu-lucunya. Kami sedang berdua dirumah, istri saya sedang mengajar di sekolahnya. Jadwal makan anak sudah merapat dan masakan yang dibuatkan ibunya tidak berkenan di hatinya. Waktu itu dia minta digorengkan sosis seperti yang sering dibuatkan ibunya. Saya mulai kebingungan dan mencoba merayu agar dia mau makan ­chicken nugget yang sudah disiapkan ibunya.

Dengan gaya anak-anaknya dia ngotot agar saya menggorengkan sosis untuknya. Terakhir kali saya menggoreng sesuatu sekitar 12 tahun yang lalu saat saya sedang on the job training di negeri tetangga. Hasilnya bisa ditebak, sosisnya gosong…. Dengan ragu saya tawarkan itu kepada putri saya plus diselingi rayuan kalu dia tidak suka agar makn nugget yang sudah ada saja. Diluar dugaan dia sangat menyukainya. Sosis gosong hasil keraguan saya itu disebutnya sosis kriuk. Karena sosis yang biasa digoreng oleh ibunya tidak mau kriuk-kriuk seperti yang saya buat.

Kebetulan anak saya suka krupuk, segala macam krupuk. Persis seperti ibunya. Jadi sosis gosong itu mirip seperti krupuk yang biasa dia makan. Kriuk-kriuk…. Sampai sekarang dia selalu minta agar sosis yang dogoreng supaya mau kriuk-kriuk. Istri saya terpingkal-pingkal saat mengetahui cerita ini. Cerita yang menggambarkan usaha yang diawali keraguan yang membuahkan hasil yang luar biasa. Seandainya saya tidak mencoba untuk menggoreng sosis itu pasti ceritanya akan berbeda.

Pesan moralnya adalah bahwa kita (saya hehehe) jangan takut mencoba. Lebih baik mencoba tapi gagal daripada gagal mencoba. Lebih bagus lagi mencoba dan berhasil hehehe. Berdiam diri juga merupakan pilihan tapi bukan sebuah pilihan yang baik. Jika diam dipilih maka selamanya kita tidak akan tahu hasilnya. Atau setidaknya hasilnya akan tetap sama dengan keadaan yang sekarang. Kemungkinan hasil yang buruk tetap ada walaupun kita sudah mencoba. Tapi biasanya hasilnya pasti bagus hehehe. Atau jika kita sudah mencoba tapi gagal, biasanya akan ada lagi kesempatan lain untuk mencoba. Tapi kalau kita tidak mencoba maka kesempatan-kesempatan lain tidak akan datang.

OK, selamat mencoba menggoreng sosis hehehehe

GNU's Not Unix!

Walaupun tidak bisa 100% Open Source, tapi saya adalah big fans of Open Source. Salut untuk penggiat Open Source sehingga kita berkesempatan untuk belajar dan berbagi besama. 

Ubuntu Linux

Ubuntu adalah OS resmi saya  dari tahun 2005 dan hanya 2 kondisi yang bisa memaksa saya untuk tidak memakai Linux. Istri saya ngambek karena tidak terbiasa dengan interface dan komputer di kantor yang semuanya memakai Window$.

Green Peace

Sangat mengagumi kegigihan para pejuang lingkungan di Greenpeace. Salut untuk semua usaha mereka untuk mewariskan lingkungan yang terjaga untuk anak cucu kita. 

Ernesto Guevara de la Serna

Sikap dan prinsipnya belum ada yang bisa meniru sampai saat ini.

Guns n Roses

Love the music so much. Saya menyebutnya musik yang serius dan nggotanya genius. Setelah Guns n Roses bubar, menurut saya perkembangan musik dunia sudah berhenti (Maksa.......)  

Joomla. Because Open Source Matter

Joomla memberikan kemudahan luar biasa untuk urusan blogging. Memang sempat terpikir untuk memakai Wordpress seperti kebanyakan blogger lain tapi karena sudah kadung lengket dengan Joomla maka saya tetap setia dengan Joomla. Sampai suatu saat Joomla tidak Open Source lagi. 

Copyright © 2014. All Rights Reserved.