Blog

Opini

High Tech Low Tech

Apakah Saya Teroris?

 

Sebagai bagian dari upacara 3 Bulanan, saya diberi nama Ida Bagus Putu Tegeh . Ini adalah nama pertama yang saya miliki. Nama ini dikenal dan dipakai oleh keluarga besar saya. Saya masih ingat pada masa kanak-kanak, nenek saya selalu memanggil dengan nama ini. Sebenarnya yang benar-benar menandakan identitas saya adalah Tegeh. Karena dua kata pertama adalah semacam family name dan kata ketiga adalah penanda bahwa saya adalah anak pertama. Sistem ini lazim dipakai dalam penamaan orang Bali.

Saat saya masuk taman kanak-kanak, orang tua saya mendaftarkan saya sebagai Ida Bagus Sujendra Putra. Ini adalah jejak profil teroris saya yang pertama hehehehe. Berganti nama untuk pertama kalinya. Sujendra adalah perpaduan dua nama orang tua saya. SUparta dan JENDRI. Karena saya adalah laki-laki maka huruf terakhir dirubah menjadi A. Ijasah saya waktu Taman-Kanak memakai nama ini. Jadi saya lulus di Taman Kanak-Kanak sebagai Ida Bagus Sujendra Putra.

Hak Veto Orang Tua Akan Nama Anaknya

Jejak teroris berikutnya adalah saat saya masuk sekolah dasar. Entah kenapa orang tua saya mendaftarkan saya sebagai Ida Bagus Erawan Suryadarma. Padahal ayah saya tidak menpunyai masalah ingatan hehehe. Saya menduga ayah saya menemukan sesuatu yang salah dengan nama saya yang tercetak di Ijasah TK saya. Sehingga ayah saya memutuskan untuk mengganti nama saya sewaktu masuk SD. Atau mungkin dengan sixt sense-nya ayah saya merasa bahwa nama saya harus dirubah.

Selebrasi pertama saya dengan nama ini adalah raport yang dibagikan setiap caturwulan. Selama 2 tahun setiap empat bulan saya menerima raport dengan nama ini. Petualangan berlanjut saat akhirnya ayah saya kembali merubah nama saya saat saya berada di kelas 3 sekolah dasar. Ini benar-benar mirip dengan kisah buronan yang harus berganti nama untuk menyembunyikan identitasnya hehehe. Efek dari keputusan ini adalah saya mempunyai raport dengan dua nama yang berbeda.

Saat adik saya lahir, ayah saya mengurus akte kelahiran kami secara bersamaan. Lagi-lagi ayah saya membawa kejutan dengan membawa dua akte lahir. Yang pertama atas nama Ida Bagus Surya Sastrawan dengan tahun lahir 1988 yang pasti merujuk pada adik saya. Dan sebuah akte lahir dengan nama Ida Bagus Surya Erawan. Iya, ini adalah nama saya yang baru hehehe. Kalau seandainya level pemikiran kami berada pada tingkat yang sama, maka saya pasti akan bertanya “kenapa Ajik (ayah) suka sekali mempermainkan nama saya?” Dan jawaban yang keluar adalah “Karena orang tua mempunyai hak veto untuk menamai anaknya” hehehe.

Raport Yang Unik

Dalam cover depan raport saya tertulis Ida Bagus Erawan Suryadarma tapi didalam isinya berbeda. Kelas satu dan kelas dua tercetak nama yang sama, tapi kelas tiga sampai dengan kelas enam tercetak Ida Bagus Surya Erawan. Ini adalah nama yang saya pakai sampai sekarang. Usut punya usut, keputusan ayah saya mengganti nama saya adalah karena adanya karakter maksimal yang bisa ditulis dalam Kartu Tanda Penduduk.

Entah dari mana ayah saya mendapat informasi bahwa maksimal karakter yang bisa dicetak pada Kartu Tanda Penduduk adalah dua puluh lima karakter. Karena khawatir nama saya tidak bisa dicetak penuh nantinya maka ayah saya memutusakan merubahnya menjadi kurang dari dua puluh lima karakter.

Ternyata Ada Alasannya

Dari sekian nama yang yang saya punya itu, ternyata nama yang paling unik adalah nama saya sewaktu taman kanal-kanak. Saya tamat taman kanak-kanak pada tahun 1987 sebagai Ida Bagus Sujendra Putra. Tahun 2004 saya bertemu seseorang dengan nama Ida Bagus Sujendra. Seseorang yang anaknya saya pacari selama hampir 5 tahun.

Sekarang Bapak Ida Bagus Sujendra adalah kakek dari anak saya alias menjadi mertua saya. Seandainya saya masih memakai nama Ida Bagus Sujendra Putra maka orang-orang akan bertanya, ayah saya itu Ida Bagus Putu Suparta apa Ida Bagus Sujendra.

 

Hebat ayah saya ternyata mempunyai indera ke enam seperti yang saya duga pada awal tulisan ini heheheh. Sehingga ayah saya memutuskan untuk mengganti nama saya sewaktu masuk sekolah dasar. Coba saya masih memakai nama sewaktu taman kanak-kanak pastinya bisa berabe hehehe. Sorry jangan terlalu serius ah, ngga usah terlalu serius karena kita nanti jadi mumet. Lihat saja bapak-bapak yang di atas, mereka juga ngga serius-serius amat ngurusin negeri Hindia Londo ini hehehe. 

Laksita Andaswari

About Me

Apakah Saya Teroris?

Sebagai bagian dari upacara 3 Bulanan, saya diberi nama Ida Bagus Putu Tegeh . Ini adalah nama pertama yang saya miliki. Nama ini dikenal dan dipakai oleh keluarga besar saya. Saya masih ingat pada masa kanak-kanak, nenek saya selalu memanggil dengan nama ini. Sebenarnya yang benar-benar menandakan identitas saya adalah Tegeh. Karena dua kata pertama adalah semacam 

Read more...
About

Terimakasih karena sudah menyempatkan diri meluangkan waktu melihat blog saya ini. Blog yang isinya macam-macam karena memang saya tidak mengkhususkan diri untuk menulis tema tertentu. Menulis untuk saya adalah kegiatan untuk mengekspresikan buah pikiran yang kadang-kadang tidak bisa saya ungkapan secara langsung.Berawal dari kebiasaan menulis catatan harian dengan bahasa yang hanya bisa saya mengerti sendiri, lalu saya berusaha untuk menulis dengan bahasa yang bisa dimengerti oleh orang kebanyakan he he he.

Original

Semua isinya dijamin hasil coretan saya sendiri (kalau ada copy paste pasti saya sebutkan referensinya). Blog ini saya buat untuk dibaca oleh manusia, bukan untuk dibaca oleh search engine makanya rating blog saya tidak begitu bagus di search engine (ngaku saja tidak bisa search engine optimation he he he).

Use Your Illusion

(Tribute to Guns n’ Roses) Kadang saya memakai pengandaian terutama pada kategori My Imagination karena sesungguhnya itu tidak benar-benar terjadi.

Read more...

GNU's Not Unix!

Walaupun tidak bisa 100% Open Source, tapi saya adalah big fans of Open Source. Salut untuk penggiat Open Source sehingga kita berkesempatan untuk belajar dan berbagi besama. 

Ubuntu Linux

Ubuntu adalah OS resmi saya  dari tahun 2005 dan hanya 2 kondisi yang bisa memaksa saya untuk tidak memakai Linux. Istri saya ngambek karena tidak terbiasa dengan interface dan komputer di kantor yang semuanya memakai Window$.

Green Peace

Sangat mengagumi kegigihan para pejuang lingkungan di Greenpeace. Salut untuk semua usaha mereka untuk mewariskan lingkungan yang terjaga untuk anak cucu kita. 

Ernesto Guevara de la Serna

Sikap dan prinsipnya belum ada yang bisa meniru sampai saat ini.

Guns n Roses

Love the music so much. Saya menyebutnya musik yang serius dan nggotanya genius. Setelah Guns n Roses bubar, menurut saya perkembangan musik dunia sudah berhenti (Maksa.......)  

Joomla. Because Open Source Matter

Joomla memberikan kemudahan luar biasa untuk urusan blogging. Memang sempat terpikir untuk memakai Wordpress seperti kebanyakan blogger lain tapi karena sudah kadung lengket dengan Joomla maka saya tetap setia dengan Joomla. Sampai suatu saat Joomla tidak Open Source lagi. 

Copyright © 2014. All Rights Reserved.