Blog

Opini

High Tech Low Tech

Telepon Pintar Alias Smart Phone

 

Android, Blackberry, Aple iOS, Windows mobile adalah nama yang sudah tidak asing bagi para pengguna smart phone atau telepon pintar. Saya pernah memakai dua yang pertama dan dengan yakin mengatakan bahwa Android adalah yang terbaik. Ada ribuan aplikasi yang bisa dibenamkan ke dalam telepon pintar kita. Dan seharusnya aplikasi ini berguna untuk mempermudah kita. Sesuai dengan namanya sebagai telepon pintar.Fungsi dasar telpon untuk panggilan suara dan sms tidak usah diperpanjang. Pengembangan lebih lanjut meliputi fungsi-fungsi tambahanlah yang membuat telpon disebut telpon pintar. Ada ribuan aplikasi yang bisa dibenamkan kedalam telpon kita. Untuk saya pribadi berikut ini aplikasi yang harus ada dan memang sangat saya perlukan.

 

Email

Walau kadang menyakitkan tapi tuntutan dunia kerja sekarang ini mengharuskan kita mengupdate informasi dengan cepat. Mungkin sambil menyiram kloset juga kita bisa diganggu oleh suara “cling” dari notifikasi email kita.

 

Gmail

Kenapa saya membedakan Email dengan Gmail karena selain untuk layanan email, saya memakai Gmail untuk back upcontact saya yang ada di telepon. Hal ini saat berguna bila

  1. Berganti telpon. Kita tinggal log-in dengan account gmail kita maka semua kontak sudah langsung on tanpa perlu meng copy apapun

  2. Telpon error. Kalau telpon error, memori terhapus maka dengan memakai gmail sebagai tempat penyimpanan kontak akan membuat kita tidak terpengaruh dengan masalah itu.

 

Calendar

Fungsinya sama saja dengan kalendar yang bukan digital. Tapi dengan versi digital ini membuat segala sesuatunya menjadi lebih mudah dan praktis.

 

Google Keep

Ini adalah salah satu aplikasi yang palinh yahud punya Google. Note yang simple tapi powerful. Saya sangat memerlukan ini karena saya suka pikun dan cepat lupa dengan sesuatu (baca pemaaf heheheh)

 

SMS Back Up

Sudah banyak program sms back up yang bisa menyimpan isi dan detail sms ke email namun sampai sekarang Android tidak menyertakannya sebagai bagian dari paket instalasinya. Jadi saya harus meng install nya.

 

Nah itulah aplikasi yang harus saya punya. Selebihnya hanya aplikasi yang tidak terlalu penting hehehe. 

 

GNU's Not Unix!

Walaupun tidak bisa 100% Open Source, tapi saya adalah big fans of Open Source. Salut untuk penggiat Open Source sehingga kita berkesempatan untuk belajar dan berbagi besama. 

Ubuntu Linux

Ubuntu adalah OS resmi saya  dari tahun 2005 dan hanya 2 kondisi yang bisa memaksa saya untuk tidak memakai Linux. Istri saya ngambek karena tidak terbiasa dengan interface dan komputer di kantor yang semuanya memakai Window$.

Green Peace

Sangat mengagumi kegigihan para pejuang lingkungan di Greenpeace. Salut untuk semua usaha mereka untuk mewariskan lingkungan yang terjaga untuk anak cucu kita. 

Ernesto Guevara de la Serna

Sikap dan prinsipnya belum ada yang bisa meniru sampai saat ini.

Guns n Roses

Love the music so much. Saya menyebutnya musik yang serius dan nggotanya genius. Setelah Guns n Roses bubar, menurut saya perkembangan musik dunia sudah berhenti (Maksa.......)  

Joomla. Because Open Source Matter

Joomla memberikan kemudahan luar biasa untuk urusan blogging. Memang sempat terpikir untuk memakai Wordpress seperti kebanyakan blogger lain tapi karena sudah kadung lengket dengan Joomla maka saya tetap setia dengan Joomla. Sampai suatu saat Joomla tidak Open Source lagi. 

Copyright © 2014. All Rights Reserved.