Blog

Opini

High Tech Low Tech

Google 2 Steps Authentication

 

Google memang tidak pernah berhenti untuk memanjakan penggunanya. Developer-developer yang berada dibawah naungannya seakan-akan tidak pernah tidur untuk menghasilkan kejutan-kejutan.

 

Kemaren iseng-iseng jalan-jalan ke official blognya Gmail. Ternyata Google sekarang manawarkan 2 steps authentication untuk keamanan login. Pengumuman ini sebenarnya diposting tanggal 10 February lalu Cuma saya baru baca. Dan setelah mencoba, memang ini cool banget.

 

Kalau rekan-rekan terbiasa memakai internet banking (BCA), mungkin feature ini sudah biasa rekan-rekan pakai. Tapai kalau untuk email (apalagi gratisan based email) fasilitas ini memang menurut saya luar biasa.

 

Prosesnya mirip atau hampir sama dengan internet banking. Setelah sukses memasukan password dengan benar, maka kita akan menerima kode yang harus kita masukan agar bisa mengakses mailbox kita. Bedanya kalau internet banking mengirim kode ke alat yang disediakan oleh bank, Google mengirim ke tepelon seluler yang kita tentukan sebelumnya (sms).

 

Untuk saya pribadi, ini sangat penting karena ini akan benar-benar memberikan keleluasaan bagi kita untuk membuka email dimanapun tanpa takut dengan bahaya pencurian identas yang bisa dilakukan di komputer-komputer dengan akses publik. Untuk detail lihat disini

GNU's Not Unix!

Walaupun tidak bisa 100% Open Source, tapi saya adalah big fans of Open Source. Salut untuk penggiat Open Source sehingga kita berkesempatan untuk belajar dan berbagi besama. 

Ubuntu Linux

Ubuntu adalah OS resmi saya  dari tahun 2005 dan hanya 2 kondisi yang bisa memaksa saya untuk tidak memakai Linux. Istri saya ngambek karena tidak terbiasa dengan interface dan komputer di kantor yang semuanya memakai Window$.

Green Peace

Sangat mengagumi kegigihan para pejuang lingkungan di Greenpeace. Salut untuk semua usaha mereka untuk mewariskan lingkungan yang terjaga untuk anak cucu kita. 

Ernesto Guevara de la Serna

Sikap dan prinsipnya belum ada yang bisa meniru sampai saat ini.

Guns n Roses

Love the music so much. Saya menyebutnya musik yang serius dan nggotanya genius. Setelah Guns n Roses bubar, menurut saya perkembangan musik dunia sudah berhenti (Maksa.......)  

Joomla. Because Open Source Matter

Joomla memberikan kemudahan luar biasa untuk urusan blogging. Memang sempat terpikir untuk memakai Wordpress seperti kebanyakan blogger lain tapi karena sudah kadung lengket dengan Joomla maka saya tetap setia dengan Joomla. Sampai suatu saat Joomla tidak Open Source lagi. 

Copyright © 2014. All Rights Reserved.