Blog

Opini

High Tech Low Tech

Kualitas Organisasi Ditentukan Punggawanya

 Kualiatas Sebuah Organisasi Tidak Akan Bisa Melebihi Kualitas Orang-Orang Didalamnya

Dalam pertapaan saya yang sepi, kemarin saya mendapat wangsit dengan kata kunci “organisasi” yang akan saya sampaikan dalam bahasa yang bisa dimengerti oleh semua kalangan. Tanpa ada memakai istilah rumit yang bisa membuat kita bingung.

Perjalanan sebuah organisasi sangat ditentukan oleh orang-orang yang mengisinya. Kualitas sebuah organisasi sangat ditentukan oleh orang-orang yang menjadi motor penggeraknya. Karena kualiatasnya ditentukan oleh orang-orang didalamnya maka otomatis kualitas sebuah organisasi tidak akan bisa melebihi kualitas dari materi penyusunnya. Dalam bahasa sederhana kalau orang-orangnya bagus maka organisasinya bagus, kalau orang-orangnya jelek maka organisasinya akan jelek juga.

Dalam dunia kerja pakem ini juga berlaku. Nah menurut wangsit yang saya terima, ada beberapa proses yang menjadi kunci yang menentukan arah dan kualiatas sebuah kompeni yaitu :

1.       Karyawan  

Proses perekrutan memegang peranan yang sangat penting. Pemilihan orang-orang yang tepat untuk pekerjaan yang tepat terjadi disini. Ada proses administrasi, lalu tes tertulis dan berakhir dengan wawancara. Tidak ada jaminan bahwa hasil tes ini akan memastikan kualitas nyata dari seseorang. Namun proses saringan berlapis seperti ini akan meminimalkan kesalahan dalam perekrutan. Jadi kita tidak membeli kucing dalam karung, paling apes membeli kucing dalam plastik lah. Lebih bagus kalau plastiknya transparan hehehe.

 2.    Training

Dalam proses yang panjang, training (pelatihan) yang berkelanjutan akan memberikan efek positif bagi perjalanan organisasi. Jika ternyata dalam proses perekrutan ada “sedikit” kesalahan maka dengan pelatihan yang baik hal ini bisa diperbaiki.

 3.     Development

Development atau pengembangan adalah menu wajib agar sebuah organisasi tetap bertahan, begitu juga organisasi yang berupa perusahaan. Pengembangan ini juga meliputi  pengembangan terhadap para punggawa organisai itu. Penjenjangan karir yang baik, promosi yang terbuka dan suasana kerja yang dinamis adalah jaminan bagi bertahan dan berkembangnya organisasi bersangkutan.

 4.       Pemimpin

Ngomong-omong penting ngga sih pemimpin dalam sebuah organisasi? Well ternyata dalam wangsit yang saya terima katanya penting sekali. Sang pemimpinlah yang bisa menentukan apakah organisasi akan dibawa ke jurang atau akan terbang ke awan. Memang benar karyawan punya peranan penting (sangat penting), tapi dalam penentuan arah sebuah organisasi, pemimpin memiliki porsi yang lebih.

 

NB:

Namanya juga wangsit, boleh percaya boleh tidak hehehehe

GNU's Not Unix!

Walaupun tidak bisa 100% Open Source, tapi saya adalah big fans of Open Source. Salut untuk penggiat Open Source sehingga kita berkesempatan untuk belajar dan berbagi besama. 

Ubuntu Linux

Ubuntu adalah OS resmi saya  dari tahun 2005 dan hanya 2 kondisi yang bisa memaksa saya untuk tidak memakai Linux. Istri saya ngambek karena tidak terbiasa dengan interface dan komputer di kantor yang semuanya memakai Window$.

Green Peace

Sangat mengagumi kegigihan para pejuang lingkungan di Greenpeace. Salut untuk semua usaha mereka untuk mewariskan lingkungan yang terjaga untuk anak cucu kita. 

Ernesto Guevara de la Serna

Sikap dan prinsipnya belum ada yang bisa meniru sampai saat ini.

Guns n Roses

Love the music so much. Saya menyebutnya musik yang serius dan nggotanya genius. Setelah Guns n Roses bubar, menurut saya perkembangan musik dunia sudah berhenti (Maksa.......)  

Joomla. Because Open Source Matter

Joomla memberikan kemudahan luar biasa untuk urusan blogging. Memang sempat terpikir untuk memakai Wordpress seperti kebanyakan blogger lain tapi karena sudah kadung lengket dengan Joomla maka saya tetap setia dengan Joomla. Sampai suatu saat Joomla tidak Open Source lagi. 

Copyright © 2014. All Rights Reserved.