Blog

Opini

High Tech Low Tech

Penyuapan Sekarang Dilegalkan

 

Kemaren dalam semedi saya yang singkat saya mendapat pewisik bahwa pemerintah Hindia Londo akan melegalkan penyuapan. Penyuapan dilegalkan karena hal ini sudah menjadi hal yang umum dan tidak merupakan hal yang tabu. Karena adanya nilai ekonomi yang terlibat dalam proses penyuapan maka kegiatan ini akan menjadi obyek pajak baru bagi pemerintah Hindia Londo. Sebuah langkah cerdas yang akan menambah sumber pemasukan bagi penyelenggara negara di Negeri Hindia Londo.

Legalisasi penyuapan ini pada awalnya memang mendapat banyak penentangan. Namun pada akhirnya disetujui oleh pihak legislatif karena toh pemerintah sudah melegalkan beberapa aktivitas yang pada dasarnya juga bertentangan dengan norma yang ada. Di negeri Hindia Londo sendiri prostitusi dilegalkan di beberapa tempat. Jadi kaum legislatif menjadikan legalisasi prostitusi di lokalisasi sebagai preseden untuk melegalkan penyuapan.

Seperti layaknya sebuah peluncuran produk gadget dimana pada masa awal peluncuran harganya cenderung mahal maka begitu pula pajak yang diterapkan untuk transaksi penyuapan ini. Kalau pajak pertambahan nilai pada umumnya adalah 10% maka khusus pada masa awal ini, praktek penyuapan akan dikenakan PPN 150% dan akan di evaluasi secara berkala oleh pemerintah. Walaupun ada pengenaan pajak yang tinggi namun pihak eksekutif sangat optimis praktek penyuapan ini akan tetap digemari. Hal ini berkaca dari data bahwa sebelum dilegalkan saja ada begitu banyak peminat. Bahkan ada yang rela mempertaruhkan jabatan, karir dan kehormatan.

Pihak yudikatif sendiri tidak banyak berkomentar tentang legalisasi praktek penyuapan ini. Rata-rata oknum yang diwawancara hanya tersenyum dan berkomentar bahwa mereka akan mengikuti semua aturan yang ada. Karena tugas mereka memang menegakkan aturan. Seorang pegawai laundry yang dulu pernah aktif di kegiatan kampus mengatakan bahwa sikap diam ini merupakan ekspresi dari kekecewaan para pemegang kekuasaan di lembaga yudikatif. Kecewa karena kenapa tidak dari dulu saja aturan ini dibuat. Kenapa harus menunggu begitu banyak rekan-rekan mereka yang ditangkap agar mata para pembuat undang-undang terbuka bahwa praktek penyuapan ini memang harus dilegalkan.

Capek Deh…. 

GNU's Not Unix!

Walaupun tidak bisa 100% Open Source, tapi saya adalah big fans of Open Source. Salut untuk penggiat Open Source sehingga kita berkesempatan untuk belajar dan berbagi besama. 

Ubuntu Linux

Ubuntu adalah OS resmi saya  dari tahun 2005 dan hanya 2 kondisi yang bisa memaksa saya untuk tidak memakai Linux. Istri saya ngambek karena tidak terbiasa dengan interface dan komputer di kantor yang semuanya memakai Window$.

Green Peace

Sangat mengagumi kegigihan para pejuang lingkungan di Greenpeace. Salut untuk semua usaha mereka untuk mewariskan lingkungan yang terjaga untuk anak cucu kita. 

Ernesto Guevara de la Serna

Sikap dan prinsipnya belum ada yang bisa meniru sampai saat ini.

Guns n Roses

Love the music so much. Saya menyebutnya musik yang serius dan nggotanya genius. Setelah Guns n Roses bubar, menurut saya perkembangan musik dunia sudah berhenti (Maksa.......)  

Joomla. Because Open Source Matter

Joomla memberikan kemudahan luar biasa untuk urusan blogging. Memang sempat terpikir untuk memakai Wordpress seperti kebanyakan blogger lain tapi karena sudah kadung lengket dengan Joomla maka saya tetap setia dengan Joomla. Sampai suatu saat Joomla tidak Open Source lagi. 

Copyright © 2014. All Rights Reserved.