Blog

Opini

High Tech Low Tech

Solusi Mengurangi Hakim Nakal

 

Hakim bukan hanya sekedar sebagai pekerjaan, namun hakim juga adalah sebuah gaya hidup. Kenapa saya menyebut hakim adalah juga sebagai gaya hidup karena posisi seorang hakim mempunyai banyak keunikan yang tidak dimiliki oleh bidang pekerjaan yang lain. Tekanan pekerjaan yang sangat berbeda dengan jenis pekerjaan yang lainnya. Kekuasaan yang begitu besar, bahkan sampai-sampai disebut sebagai wakil Tuhan karena keputusan yang dibuatnya.

Kekuasaan yang besar ini membuat banyak yang ingin menjadi hakim. Padahal hakim bukan hanya sekedar masalah kekuasaan, tapi juga adalah urusan tanggungjawab. Tangungjawab kepada negara dan rakyat sebagai pembayar pajak yang notabene merupakan sumber gajinya. Ketidaksadaran akan tanggungjawab ini membuat banyak hakim (lebih dari satu) tergoda untuk melakukan penyelewengan atas wewenang yang dimilikinya.

Bentuk penyelewengan ada bermacam-macam. Yang paling menarik dan mungkin layak dijadikan sebagai reality  show adalah penangkapan hakim yang menerima suap. Bahkan hebatnya dilakukan di kantor sang hakim yang notabene seharusnya merupakan tempat keadilan bernaung. Seperti yang banyak ditayangkan televisi kita akhir-akhir ini. Hanya beberapa level dibawah gossip selebritis yang bisa menarik banyak iklan.

Katanya kelakuan mereka yang “terpaksa” menerima suap ini karena banyaknya kebutuhan ekonomi yang harus mereka penuhi. Ya memang satu-satunya alasan untuk melakukan ini pastinya adalah motif ekonomi. Karena hal yang dilibatkan adalah uang.

Berdasarkan wangsit yang saya terima ada beberapa solusi yang bisa kita coba agar kasus penyuapan hakim ini bisa ditekan.

1.       Hakim Sebagai Pekerjaan Sampingan

Dengan menjadikan hakim sebagai pekerjaan sampingan maka logikanya hakim ini tidak akan menggantungkan penghidupan mereka. Harapannya adalah pekerjaan utama mereka sudah memberikan penghidupan yang cukup.

2.       Naikan Pajak 1000% agar Bisa Menaikkan Gaji Hakim

Solusi ini mempunyai tantangan yang besar karena pastinya banyak pihak yang akan menolak. Rakyat kecil akan berteriak dan rakyat besar akan menolak. Tapi menurut saya pemerintah harus maju terus pantang mundur dengan keputusannya ini. Bukankah keputusan-keputusan kontroversial sudah sering dibuat oleh pemerintah Hindia Londo. Jadi menambah satu lagi saya rasa tidak akan terlalu berpengaruh. Lagipula toh nanti rakyat kecil pada akhirnya akan pasrah dan rakyat besar nantinya akan “menemukan cara” agar tidak membayar pajak sebanyak itu.

3.       Mencari Hakim Outsourcing Ke Luar Negeri

Mencari hakim keluar negeri layak adalah alternative yang layak dicoba. Khususnya jika rasa frustrasi masyarakat sudah berada dititik nadir. Seperti yang biasa dilakukan pada perusahaan-perusahaan yang mempercayakan posisi-posisi tertentu kepada orang asing. Pemerintah Hindia Londo tidak usah malu. Toh rasa malu itu sudah lama hilang xixixixi

4.       Legalkan Penyuapan dan kenakan pajak agar bisa mendapatkan pendanaan baru

Jika titik nadir kesabaran pemegang saham negeri Hindia Londo (baca rakyat) sudah lewat maka satu-satunya cara agar tercipta solusi yang saling menguntungkan adalah dengan melegalkan penyuapan. Jadikan penyuapan sebagai objek pajak baru sehingga para pemegang “hak suap”bisa melakukan prakteknya dengan tenang dan pemerintah Hindia Londo yang menjalankan administrasi atas nama rakyatnya tetap mendapatkan keuntungan. Ini suduah cukup adil karena jika tetap dianggap sebagai kejahatan maka rakyat hanya akan dirugikan. Tapi jika sudah dilegalkan maka kedua belah pihak ahirnya mendapat keuntungan.

 

Akhir Kata, Cuapek….

GNU's Not Unix!

Walaupun tidak bisa 100% Open Source, tapi saya adalah big fans of Open Source. Salut untuk penggiat Open Source sehingga kita berkesempatan untuk belajar dan berbagi besama. 

Ubuntu Linux

Ubuntu adalah OS resmi saya  dari tahun 2005 dan hanya 2 kondisi yang bisa memaksa saya untuk tidak memakai Linux. Istri saya ngambek karena tidak terbiasa dengan interface dan komputer di kantor yang semuanya memakai Window$.

Green Peace

Sangat mengagumi kegigihan para pejuang lingkungan di Greenpeace. Salut untuk semua usaha mereka untuk mewariskan lingkungan yang terjaga untuk anak cucu kita. 

Ernesto Guevara de la Serna

Sikap dan prinsipnya belum ada yang bisa meniru sampai saat ini.

Guns n Roses

Love the music so much. Saya menyebutnya musik yang serius dan nggotanya genius. Setelah Guns n Roses bubar, menurut saya perkembangan musik dunia sudah berhenti (Maksa.......)  

Joomla. Because Open Source Matter

Joomla memberikan kemudahan luar biasa untuk urusan blogging. Memang sempat terpikir untuk memakai Wordpress seperti kebanyakan blogger lain tapi karena sudah kadung lengket dengan Joomla maka saya tetap setia dengan Joomla. Sampai suatu saat Joomla tidak Open Source lagi. 

Copyright © 2014. All Rights Reserved.