Blog

Opini

High Tech Low Tech

Mengantisipasi Kecemburuan Anak Sulung

 

Arda and AyaKehadiran anak kedua bisa jadi menimbulkan berbagai reaksi dari anak pertama. Yang jelas pastinya perhatian kedua orang tua tidak lagi terpusat kepada si sulung, namun sudah pasti akan terbagi juga kepada si adik. Bahkan pada masa awal kelahiran perhatian seolah hanya tertuju kepada sang adik. Nah bagaimana menyiasati agar si sulung tidak merasa terabaikan atau merasa cemburu dengan sang adik? Okay berikut ini pengalaman kami (Sebenarnya lebih banyak pengalaman isteri saya hehehe)

 

Komunikasikan Dari Awal

Komunikasikan dari awal tentang keberadaan sang adik atau calon adik sedini mungkin. Istri saya sudah melakukan proses ini sedari sang calon adik berada dalam kandungan ibunya. Anak pertama kami secara aktif diberitahu tentang perkembangan adiknya semasa dalam kandungan. Tentunya dalam batas yang wajar untuk anak seusia 4 tahun.

Sang kakak selalu ikut setiap ibunya memeriksa kandungannya. Kebetulan dokter kandungan yang menangani isteri saya sangat komunikatif. Dengan gayanya yang menarik dokter menjelaskan perkembangan sang adik kepada sang kakak. Dari sinilah sang kakak sudah merasakan kehadiran sang adik. sedikit demi sedikit dia menerima kehadiran sang adik bahkan sebelum sang adik lahir.

 

Libatkan Sang Kakak

Pendekatan berikutnya adalah dengan melibatkan sang kakak dalam mengurus adiknya. Bukan menugaskan si sulung untuk mengurus adiknya tapi mengikutsertakannya dalam kegiatan mengurus adiknya. Hal ini kami lakukan secara terartur sehingga sang kakak selalu ingat untuk membantu mengurus adiknya.

Hasilnya sang kakak selalu mengambilkan adiknya pakaian sehabis mandi. Mengambilkan diapers dan minyaknya. Untuk hal-hal kecil seperti ini sang kakak sudah bisa menyiapkan secara mandiri. Sang kakak melakukan ini dengan senang hati dan bersemangat dan dengan penuh rasa bangga. Bangga karena sekarang dia bukan anak yang paling kecil. Intinya mempunyai adik adalah sesuatu yang menyenangkan. 

 

Prioritaskan Sang Kakak

Setelah sang adik lahir jangan sampai ada kesan sang kakak terlupakan. Sampai pada saat adiknya bisa mengerti maka sebenarnya kita masih bisa memberian perhatian lebih kepada sang kakak. Bukan bermaksud tidak adil tapi untuk menjaga psikologis si sulung agar tidak merasa bahwa adiknya adalah saingannya dalam mendapatkan perhatian orang tua.

Saya melakukannya dengan selalu menggendong kakaknya lebih dulu saat datang dari bekerja. Adiknya belum bisa menuntut jika kakaknya digendong duluan tapi sang kakak sudah bisa mengungkapkan keinginannya untuk digendong lebih dulu.

Setelah umur tiga tahun anak saya cenderung sudah tidak mau tidur dipangkuan kami. Namun sekarang waktu berumur empat tahun saat dia melihat adiknya tidur sambil dipangku maka dia juga minta untuk tidur dipangkuan. Bahkan kakaknya lebih mendapat prioritas karena bisa memilih ayahnya atau ibunya. Tapi dengan tingkat pengertiannya dia sudah bisa mengerti bahwa kalau adiknya sedang menyusu maka dia harus rela tidur dipangkuan saya.

Syukur cara-cara dan antisipasi yang kami terapkan berhasil dengan baik sehingga bisa meminimalkan kecemburuan anak sulung kami kepada adiknya. 

GNU's Not Unix!

Walaupun tidak bisa 100% Open Source, tapi saya adalah big fans of Open Source. Salut untuk penggiat Open Source sehingga kita berkesempatan untuk belajar dan berbagi besama. 

Ubuntu Linux

Ubuntu adalah OS resmi saya  dari tahun 2005 dan hanya 2 kondisi yang bisa memaksa saya untuk tidak memakai Linux. Istri saya ngambek karena tidak terbiasa dengan interface dan komputer di kantor yang semuanya memakai Window$.

Green Peace

Sangat mengagumi kegigihan para pejuang lingkungan di Greenpeace. Salut untuk semua usaha mereka untuk mewariskan lingkungan yang terjaga untuk anak cucu kita. 

Ernesto Guevara de la Serna

Sikap dan prinsipnya belum ada yang bisa meniru sampai saat ini.

Guns n Roses

Love the music so much. Saya menyebutnya musik yang serius dan nggotanya genius. Setelah Guns n Roses bubar, menurut saya perkembangan musik dunia sudah berhenti (Maksa.......)  

Joomla. Because Open Source Matter

Joomla memberikan kemudahan luar biasa untuk urusan blogging. Memang sempat terpikir untuk memakai Wordpress seperti kebanyakan blogger lain tapi karena sudah kadung lengket dengan Joomla maka saya tetap setia dengan Joomla. Sampai suatu saat Joomla tidak Open Source lagi. 

Copyright © 2014. All Rights Reserved.