Blog

Opini

High Tech Low Tech

Kisah Tokek Vs Aya

 Ini bukan kisah plesetan Cicak Vs Buaya punya KPK. Aya itu nama panggilan putri saya. Ceritanya dia sangat takut dengan tokek. Menurut orang tua saya, hal ini wajar untuk anak yang baru berusia 1 tahun. Tapi hal ini sangat mengganggu saya dan istri saya karena dia sering menangis pas malam hari saat dia mendengar tokek bersuara. Dia akan menangis keras-keras walaupun kami sudah berusaha untuk menenangkannya.

Sebenarnya pada masa awal mengenal mahkluk lain, dia sangat menyukai cicak. Sekitar umur 6 bulan, waktu dia sudah bisa mengidentifikasikan cicak, dia akan berusaha mendekati cicak itu dengan cara menunjuk-nunjuk ke arah cicak-cicak yang dia lihat. Bahkan matanya sangat sensitif dengan cicak. Sering kali dia menunjuk keatas dengan mengucap kata "cicak" dan sewaktu kami lihat ke arah yang dia tunjuk ternyata tidak ada cicak yang dimaksud. Tapi tidak beberapa lama, muncul cicak yang baru dia tunjuk yang ternyata sempat bersembunyi sebentar ke pojok dan menampakkan diri kembali.

Selain visual, Aya anak saya juga suka merespon dengan berlebihan jika dia mendengar suara cicak. Biasanya dia akan menghentikan segala kegiatan yang sedang dia lakukan dan akan menenggok ke atas sambil mencari-cari sumber suara cicak tersebut.Sungguh hal yang sangat menggemaskan. Apalagi jika dia sudah berhasil melihat cicak itu maka matanya akan berbinar-binar sambil menunjukkanya ke kami.

Setelah sangat akrab dengan cicak, sekarang muncul big brothernya yang bernama tokek. Pada awalnya kami sangat confidence bahwa anak kami tidak akan mengalami masalah dengan tokek karena dia tidak ada masalah dengn cicak. Tapi ternyata itu tidak berlaku. Pertama kali dia mendengar suara tokek yang keras saat dia tidur dan akhirnya terbangun karena suara tokek itu. Kejadiannya pas kami pulang kampung dan Aya menangis ditengah susana yang sangat tenang. Keesokan harinya sampai ada salah satu tetangga yang menanyakan perihal tangisan anak kami yang keras itu.

Rasa takutnya terhadap tokek berlanjut terus. Bahkah sekarang jika dia mendengar suara cicak yang note bene jauh lebih lembut, dia juga menjadi takut. Padahal sebelumnya dia sangat antusias jika mendengar suara cicak. Well... bingung juga dibuatnya. Sering terjadi saat saya tugas malam, istri saya harus terbangun untuk menenangkan anak kami yang ketakutan karena suara tokek.

Akhinya setelah memutar otak, saya akhirnya menemukan cara jitu untuk mengatasi ketakutan anak saya terhadap tokek. Analisa saya dia takut karena dia menganggap atau mempersepsikan suara tokek itu sebagai sesuatu yang menyeramkan. Jadi agar dia tidak takut maka kita harus mengubahnya menjadi sesuatu yang tidak menyeramkan. Yang paling mudah adalah dengan menjadikannya sesuatu yang lucu.

Jadi sekarang setiap ada tokek yang bersuara maka saya akan tertawa terpingkal-pingkal dan melakukan gerakan-gerakan lucu yang bisa membuat putri kami tertawa. Hal ini terus saya ulangi setiap kali ada tokek yang bersuara. Bahkan saat tidak ada suara tokek, saya menirukan sendiri suara tokek itu dan bertingkah lucu didepan putri kami. Pada awalnya dia ragu-ragu dengan tingkah saya, tapi lama kelamaan dia ikut berguling-guling seperti apa yang saya lakukan sambil tertawa-tawa. Selain itu saya juga selalu mengatakan bye.. bye... bye... setiap ada suara tokek terdengar.

Alhasil sekarang putri kami tidak lagi takut dengan suara tokek. Malah sekarang dia suka menirukan suara tokek (tocek.. tocek.. tocek...) sambil mengikutinya dengan kata bee.. bee.. beee (maksudnya menirukan bye.. bye... bye...). Jadi sekarang tidak ada lagi cerita terbangun malam-malam karena suara tokek.

Yang lebih lucu lagi, sekarang ini putri kami selalu tertawa saat mendengar suara tokek.

Photo by Koalie@Flickr

GNU's Not Unix!

Walaupun tidak bisa 100% Open Source, tapi saya adalah big fans of Open Source. Salut untuk penggiat Open Source sehingga kita berkesempatan untuk belajar dan berbagi besama. 

Ubuntu Linux

Ubuntu adalah OS resmi saya  dari tahun 2005 dan hanya 2 kondisi yang bisa memaksa saya untuk tidak memakai Linux. Istri saya ngambek karena tidak terbiasa dengan interface dan komputer di kantor yang semuanya memakai Window$.

Green Peace

Sangat mengagumi kegigihan para pejuang lingkungan di Greenpeace. Salut untuk semua usaha mereka untuk mewariskan lingkungan yang terjaga untuk anak cucu kita. 

Ernesto Guevara de la Serna

Sikap dan prinsipnya belum ada yang bisa meniru sampai saat ini.

Guns n Roses

Love the music so much. Saya menyebutnya musik yang serius dan nggotanya genius. Setelah Guns n Roses bubar, menurut saya perkembangan musik dunia sudah berhenti (Maksa.......)  

Joomla. Because Open Source Matter

Joomla memberikan kemudahan luar biasa untuk urusan blogging. Memang sempat terpikir untuk memakai Wordpress seperti kebanyakan blogger lain tapi karena sudah kadung lengket dengan Joomla maka saya tetap setia dengan Joomla. Sampai suatu saat Joomla tidak Open Source lagi. 

Copyright © 2014. All Rights Reserved.