Blog

Opini

High Tech Low Tech

Hacker Abal-Abal

Saya pernah berada di masa saya sangat tertarik dengan dunia maya terutama aktivitas hacking. Waktu itu saya merasa bahwa para hacker adalah sosok yang keren. Banyak buku yang saya beli dan berbagai tutorial juga saya unduh dari internet. Walaupun sekitar tahun 2000 akses internet secara umum masih sangat lambat. Masa di mana broadband internet masih sangat langka dan otomatis juga mahal. Hal yang mengasyikan untuk saya pribadi.

Waktu itu saya menggolongkan diri ke dalam aliran putih karena melakukannya untuk memenuhi rasa ingin tahu saja tanpa merugikan orang. Hanya mencapai level paling dasar, sebatas mengetahui (mencuri) password, mengakses email orang dan sebangsanya. Tapi saya tidak bermaksud membahas kegiatan hacking itu karena sebenarnya saya adalah hacker gagal alias hacker gadungan.  Saya mau membahas salah satu prinsip dasar kegiatan hacking yang sebenarnya berlaku di mana saja.

Read more...

Kampus Bukan Asuransi

Tahun ajaran baru sudah dekat, iklan sekolah pun mulai marak. Koran, TV dan radio banyak menayangkan iklan yang berhubungan dengan dunia pendidikan. Pendidikan telah menjadi industri dengan perputaran modal yang signifikan. Iklan-iklan dunia pendidikan ini lumayan menggelitik saya karena aromanya memang semakin meyakinkan bahwa pendidikan adalah industri yang menjanjikan. Dalam iklan-iklan itu, terutama kampus rata-rata memberikan jaminan kerja untuk lulusannya.

Read more...

Prestasi Akademis Bukan Segalanya

E=MC2Prestasi  akademis bukanlah segalanya dalam perkembangan seorang anak. Setidaknya itulah yang kami (saya dan isteri) sepakati saat menilai perkembangan putri pertama kami yang sedang berada di taman kanak-kanak. Bukan karena dia bermasalah dengan prestasi akademisnya tapi karena kami sepakat untuk menyeimbangkan sisi lain dari perkembangannya.

Read more...

(Kembali ke) Pasar Tradisional

Seorang teman mempelopori dan “menghasut” warga di lingkungannya untuk tidak berbelanja ke pasar modern yang berada di lingkungannya. Langkah ini dilakukan bertepatan dengan momen menjamurnya pasar modern yang merambah sampai ke pelosok-pelosok. Pasar modern atau toko modern hasil waralaba ini memang kian merangsek. Bahkan mereka langsung mengambil posisi di dekat pasar tradisional.

Read more...

GNU's Not Unix!

Walaupun tidak bisa 100% Open Source, tapi saya adalah big fans of Open Source. Salut untuk penggiat Open Source sehingga kita berkesempatan untuk belajar dan berbagi besama. 

Ubuntu Linux

Ubuntu adalah OS resmi saya  dari tahun 2005 dan hanya 2 kondisi yang bisa memaksa saya untuk tidak memakai Linux. Istri saya ngambek karena tidak terbiasa dengan interface dan komputer di kantor yang semuanya memakai Window$.

Green Peace

Sangat mengagumi kegigihan para pejuang lingkungan di Greenpeace. Salut untuk semua usaha mereka untuk mewariskan lingkungan yang terjaga untuk anak cucu kita. 

Ernesto Guevara de la Serna

Sikap dan prinsipnya belum ada yang bisa meniru sampai saat ini.

Guns n Roses

Love the music so much. Saya menyebutnya musik yang serius dan nggotanya genius. Setelah Guns n Roses bubar, menurut saya perkembangan musik dunia sudah berhenti (Maksa.......)  

Joomla. Because Open Source Matter

Joomla memberikan kemudahan luar biasa untuk urusan blogging. Memang sempat terpikir untuk memakai Wordpress seperti kebanyakan blogger lain tapi karena sudah kadung lengket dengan Joomla maka saya tetap setia dengan Joomla. Sampai suatu saat Joomla tidak Open Source lagi. 

Copyright © 2014. All Rights Reserved.