Blog

Opini

High Tech Low Tech

Konsistensi Anti Reklamasi

 

Proklamasi kemerdekaan adalah tonggak sejarah kita terbebas dari penjajahan. Tapi proreklamasi adalah tonggak kita mulai dijajah lagi. Tonggak kita dijajah oleh kepentingan yang pemodal yang tidak bertanggungjawab. Kenapa saya yakin tidak bertanggungjawab karena ini adalah proses yang tidak alami. Melawan alam dan merongrong ekologi. Tanpa perlu menjadi ahli biologi, saya berani mengatakan bahwa proses reklamasi pasti akan memakan korban ekosistem.

Syukurnya ada banyak yang sudah berjuang menolak proses yang tidak alami ini. Aktivis lingkungan, budayawan dan juga politikus. Terimakasih banyak, karena saya cuma bisa menggonggong lewat tulisan yang belum tentu juga dibaca oleh pihak-pihak yang terlibat.

Saya pribadi tidak memiliki kepentingan apapun dengan proses ini kecuali kepentingan akan kelestarian ekosistem alami. Saya juga bukan caleg yang menjadikan ini sebagai portfolio saya. Tapi saya banyak berharap dari politikus yang memang mempunyai kekuatan untuk memperjuangkan proses ini.

Namun ada hal yang lumayan mengganggu dalam hati saya mengenai perjuangan ini. Berkaca dari beberapa kasus yang serupa yang terjadi di masa lampau, saya hanya sedikit meragukan konsistensi dari para pejuang lingkungan ini. Sekali lagi ini adalah urusan hati. Memulai perjuangan ini adalah bagian termudah, namun menjaga agar tetap konsisten dijalur ini adalah sebuah ibadah. Kenapa saya sebut ibadah karena ini melibatkan keyakinan akan nilai yang kita hormati.

Semoga pihak-pihak yang terlibat dalam perjuangan anti reklamasi ini tetap bisa konsisten. Semoga gonggongan saya lewat tulisan yang tidak seberapa hit ini bisa menjadi doa untuk perjuangan ini. Umur perjuangan ini baru beberapa bulan saja. Masih panjang untuk membuktikan sebuah konsitensi.

Saya akan angkat topi jika anda para pejuang lingkungan ini tetap bisa konsisten dengan nilai yang kita hormati bersama. Saya juga berharap banyak dari kegigihan anda

karena sudah banyak yang memulai hal ini namu lebih banyak lagi yang tenggelam dalam “pelukan” sang lawan. Semoga kali ini anda para pejuang lingkungan ini benar-benar bisa membuktikan bahwa anda memang layak dihormati. BUKAN PARA PELACUR LINGKUNGAN.

SEMANGAT...  

GNU's Not Unix!

Walaupun tidak bisa 100% Open Source, tapi saya adalah big fans of Open Source. Salut untuk penggiat Open Source sehingga kita berkesempatan untuk belajar dan berbagi besama. 

Ubuntu Linux

Ubuntu adalah OS resmi saya  dari tahun 2005 dan hanya 2 kondisi yang bisa memaksa saya untuk tidak memakai Linux. Istri saya ngambek karena tidak terbiasa dengan interface dan komputer di kantor yang semuanya memakai Window$.

Green Peace

Sangat mengagumi kegigihan para pejuang lingkungan di Greenpeace. Salut untuk semua usaha mereka untuk mewariskan lingkungan yang terjaga untuk anak cucu kita. 

Ernesto Guevara de la Serna

Sikap dan prinsipnya belum ada yang bisa meniru sampai saat ini.

Guns n Roses

Love the music so much. Saya menyebutnya musik yang serius dan nggotanya genius. Setelah Guns n Roses bubar, menurut saya perkembangan musik dunia sudah berhenti (Maksa.......)  

Joomla. Because Open Source Matter

Joomla memberikan kemudahan luar biasa untuk urusan blogging. Memang sempat terpikir untuk memakai Wordpress seperti kebanyakan blogger lain tapi karena sudah kadung lengket dengan Joomla maka saya tetap setia dengan Joomla. Sampai suatu saat Joomla tidak Open Source lagi. 

Copyright © 2014. All Rights Reserved.