Blog

Opini

High Tech Low Tech

Alasan Transportasi Massal Tidak Maju-Maju

Sampai saat ini saya menganggap transportasi umum massal kita masih belum bisa dianggap nyaman. Dinilai dari waktu operasional, jangkauan trayek dan juga tarif yang dikenakan. Ini bukan karangan saya, tapi opini seorang pemakai jasa transportasi masal yang dioperasikan pemerintah daerah Bali yaitu Trans Sarbagita. Tapi opini yang saya sampaikan ini bukan opini mengenai Sarbagita secara spesifik tapi opini mengenai transportasi massal Indonesia secara umum.

Lalu apa kira-kira alasannya menyebabkan transportasi massal kita belum maju seperti apa yang seharusnya? Baiklah saya akan menyampaikan terawangan magis saya yang kebenarannya tidak bisa dipertanggungjawabkan. Alasan sebenarnya adalah karena banyak yang dirugikan jika sampai transportasi massal kita maju. Terutama transportasi massal darat. Lho bukannya banyak yang diuntungkan jika transportasi massal darat kita maju?! Ya betul yang diutungkan adalah rakyat banyak. Rakyat kecil yang diuntungkan. Nah memangnya siapa yang perduli dengan rakyat kecil heheheheheheh.

Lalu siapa yang dirugikan kalau transportasi massal darat kita maju? Berikut adalah hasil scanning magis saya mengenai hal ini :

  1. Pabrik Kendaraan Bermotor

    Pabrik mobil via Agen Tunggal Pemegang Merk adalah pihak yang sangat dirugikan jika sistem transportasi massal darat kita bisa maju. Penghasilan mereka akan menurun seiring dengan menurunnya pemakain kendaraan pribadi. Baik motor maupun mobil

  1. Pabrik Ban

    Selaras dengan pengurangan angka pemakaian kendaraan bermotor maka menurun pula pemakaian ban. Pabrik ban juga adalah pihak yang sangat dirugikan jika transportasi massal darat kita bisa maju dan nyaman.

  1. Pabrik Spare Part Kendaraan

    Tidak perlu penjelasan sains untuk menghubungkan kerugian pabrik suku cadang kendaraan jika transportasi massal darat kita maju. Sama seperti kasus pabrik ban.

  2. Pabrik Pelumas

    Kalau sistem transportasi massal darat kita benar-benar maju maka beberapa merek pabrik pelicin dari luar yang beroperasi di Indonesia bisa jadi harus angkat kaki dari tanah air kita. Karena Merek Pertamina saja bisa jadi sudah cukup melayani kebutuhan bangsa kita akan pelicin. Atau setidaknya pelicin merek luar ini harus mencari pangsa pasar lain. Hal ini masih dimungkinkan mengingat bangsa kita memiliki kebutuhan pelicin yang tinggi selain untuk melicinkan mesin kendaraan hehehehe (F**K YOU)

Ya betul, para pemegang kendali kebijakan lebih perduli kepada pihak yang dirugikan diatas daripada kami sebagai pemegang saham negeri ini. Buktinya pemerintah lebih merestui dibangunnya jalan tol yang memicu bertambahnya pemakaian kendaraan pribadi daripada membangun kereta massal yang lebih efisien.

Ada wacana bahwa rakyat belum siap memasuki budaya transportasi massal model ini. Kata siapa bro? Orang rakyat pakai motor, pakai mobil saja siap dan bisa. Masak naik kereta yang tinggal duduk saja tidak siap. Come on Man??!! Lagipula itu kan tugas anda untuk mendidik rakyat agar siap. Mengedukasi rakyat karena ini adalah budaya yang positif. Atau jangan-jangan trawangan saya sambil mabuk itu benar adanya heheheheh.

Saya yakin anda akan menjawab bahwa saya salah. Lalu jelaskan dimana salahnya???!!!!!

(Inspired by Akil Modhar)

 

GNU's Not Unix!

Walaupun tidak bisa 100% Open Source, tapi saya adalah big fans of Open Source. Salut untuk penggiat Open Source sehingga kita berkesempatan untuk belajar dan berbagi besama. 

Ubuntu Linux

Ubuntu adalah OS resmi saya  dari tahun 2005 dan hanya 2 kondisi yang bisa memaksa saya untuk tidak memakai Linux. Istri saya ngambek karena tidak terbiasa dengan interface dan komputer di kantor yang semuanya memakai Window$.

Green Peace

Sangat mengagumi kegigihan para pejuang lingkungan di Greenpeace. Salut untuk semua usaha mereka untuk mewariskan lingkungan yang terjaga untuk anak cucu kita. 

Ernesto Guevara de la Serna

Sikap dan prinsipnya belum ada yang bisa meniru sampai saat ini.

Guns n Roses

Love the music so much. Saya menyebutnya musik yang serius dan nggotanya genius. Setelah Guns n Roses bubar, menurut saya perkembangan musik dunia sudah berhenti (Maksa.......)  

Joomla. Because Open Source Matter

Joomla memberikan kemudahan luar biasa untuk urusan blogging. Memang sempat terpikir untuk memakai Wordpress seperti kebanyakan blogger lain tapi karena sudah kadung lengket dengan Joomla maka saya tetap setia dengan Joomla. Sampai suatu saat Joomla tidak Open Source lagi. 

Copyright © 2014. All Rights Reserved.