Blog

Opini

High Tech Low Tech

Pepatah Yang Tidak Lagi Relevan

 

Masih ingat dengan tembok sekolah kita waktu SD dimana banyak dipajang gambar pahlawan? Selain gambar pahlawan, biasanya ada juga banyak pepatah yang ditempel disana. Kata-kata indah itu biasanya berisi nasehat yang berguna bagai kita. Selain sebagai sarana brain wash selama kita menerima pelajaran. Pastinya semua pepatah yang dipasang di dinding kelas kita adalah pepatah yang berguna.

Pepatah yang dibuat oleh pendahulu kita mempunyai nilai yang sangat bagus dan tidak lekang dimakan jaman. Tapi dari sekian banyak pepatah itu ada beberapa yang mungkin perlu direvisi alias dikaji kembali. Kalau diumpamakan seperti pembuatan perangkat lunak, pepatah-pepatah yang salah itu mengandung bug yang perlu diperbaiki.

 

Lempar Batu Sembunyi Tangan

Pepatah lempar batu sembunyi tangan ditujukan kepada pihak yang melakukan kesalahan lalu tidak berupaya sembunyi dari kesalahannya itu. Bisa juga ditujukan kepada pihak yang secara sengaja melakukan provokasi lalu pura-pura tidak terlibat atau berusaha membuat kesan bahwa bukan dia sebagai pelakunya.

Jika dicermati lebih dalam dengan mencoba melakukan kegiatan seperti pepatah yang dimaksud maka pepatah ini menjadi kurang relevan. Coba cermati dengan seksama. Jika sehabis melempar batu lalu kita langsung menyembunyikan tangan kita, maka akan membuat orang menjadi curiga. Ini adalah bug/kesalahan yang terdapat dalam pepatah ini. Kalau maksudnya adalah agar kita tidak diketahui sebagai pembuat onar maka sebaiknya pepatah ini diganti atau disempurnakan. Saya mengusulkan agar pepatah Lempar Batu Sembunyi Tangan diganti menjadi Lempar Batu Langsung Sembunyi.

 

Menyelam Sambil Minum Air

Pepatah menyelam sambil minum air ditujukan bagi orang yang bisa melakukan satu kegiatan namun dalam waktu yang bersamaan bisa melakukan kegiatan lainnya. Menyelam sambil minum air memang mewakili isi dan maksud dari pepatah ini. Namun jika dihubungkan dengan kegiatan nyata, maka hal ini menjadi sesuatu yang berbahaya. Minum air saat menyelam adalah hal yang sebaiknya tidak dilakukan. Karena hal ini bisa menyebabkan air masuk kedalam saluran pernafasan kita. Hal yang sangat berbahaya. Jika dihubungkan dengan konteks kekinian, hal ini juga susah dilakukan karena jaman sekarang peralatan menyelam membuat mulut kita susah untuk minum air saat menyelam. Belum ada pengganti yang lebih tepat untuk pepatah ini namun bug-nya sudah ketahuan sehingga penyempurnaan sudah diperlukan.

 

Melempar Pisau Bertali (Pepatah Bali: Ngentungan Belakas Metali )

Ada pepatah orang Bali yang kalau diterjemahkan ke Bahasa Indonesia berbunyi Melempar Pisau Bertali. Maksudnya adalah apa yang coba dilakukan oleh seseorang tidak akan membuatnya rugi. Dia mencoba melempar pisau untuk memancing orang mengambilnya, namun saat hendak diambil maka pisau itu akan ditarik kembali. Logis dan konteksnya mengena. Namun jika diaplikasikan dalam masa kekinian mungkin memerlukan sedikit inovasi. Sekarang penggunaan remote control sudah sangat lumrah. Agar lebih mengena dengan konteks kekinian, saya mengusulkan penggunaan remote control sebagai pengganti tali. Sehingga pepatahnya berbunyi Ngetungan Belakas Meremote alias Melempar Pisau Beremote

 

Mudah-mudahan ada gunanya :)

GNU's Not Unix!

Walaupun tidak bisa 100% Open Source, tapi saya adalah big fans of Open Source. Salut untuk penggiat Open Source sehingga kita berkesempatan untuk belajar dan berbagi besama. 

Ubuntu Linux

Ubuntu adalah OS resmi saya  dari tahun 2005 dan hanya 2 kondisi yang bisa memaksa saya untuk tidak memakai Linux. Istri saya ngambek karena tidak terbiasa dengan interface dan komputer di kantor yang semuanya memakai Window$.

Green Peace

Sangat mengagumi kegigihan para pejuang lingkungan di Greenpeace. Salut untuk semua usaha mereka untuk mewariskan lingkungan yang terjaga untuk anak cucu kita. 

Ernesto Guevara de la Serna

Sikap dan prinsipnya belum ada yang bisa meniru sampai saat ini.

Guns n Roses

Love the music so much. Saya menyebutnya musik yang serius dan nggotanya genius. Setelah Guns n Roses bubar, menurut saya perkembangan musik dunia sudah berhenti (Maksa.......)  

Joomla. Because Open Source Matter

Joomla memberikan kemudahan luar biasa untuk urusan blogging. Memang sempat terpikir untuk memakai Wordpress seperti kebanyakan blogger lain tapi karena sudah kadung lengket dengan Joomla maka saya tetap setia dengan Joomla. Sampai suatu saat Joomla tidak Open Source lagi. 

Copyright © 2014. All Rights Reserved.