Blog

Opini

High Tech Low Tech

2014 Tahunnya Designer Grafis

 

Tahun 2014 adalah tahunnya para designer grafis dan segala bisnis turunannya. Kenapa begitu? Sederhana saja jawabannya. Ini berhubungan dengan pergelaran pesta demokrasi yang berlangsung di tahun 2014. Saat semua caleg berlomba mempengaruhi konstituennya, designer grafis adalaha salah satu yang sangat berperan. Selain kemampuan sang caleg tentunya. Tapi jujur saja, susah bagi saya untuk mengetahui kualitas para caleg itu.

Yang paling saya tahu adalah foto dan poster mereka yang bertebaran di jalan. Dengan berbagai janji yang hampir semuanya sama. Mungkin berasal dari satu konseptor yang sama, lalu diedit sedikit lalu dicetak :)

Setiap saya melihat poster para caleg, yang paling saya perhatikan adalah sisi estetikanya hehehe. Maksud saya seberapa bagus kombinasinya. Teknik seleksi gambarnya, crop, shadow dst dst. Kalau ada yang sedikit aneh (tidak biasa) saya sekalian berpikir bagaimana membuatnya. Bagian-bagian itu adalah yang paling menarik untuk saya. Bukan visi misi mereka :)

Beberapa caleg menampilkan alamat situs webnya. Dengan semangat saya catat dalam hati, lalu saya buka. Berharap ada sesuatu yang bisa saya baca tapi semua berakhir dengan sama. Tidak ada yang bisa saya baca. Alias webnya kosong. Bahkan ada beberapa yang alamat webnya tidak terdaftar alias belum ada. Mungkin hal-hal seperti ini sudah biasa bagi para calon anggota dewan yang terhormat itu. Saya pun tidak terlalu berharap akan ada bagian yang menarik karena dari awal saya sudah men-set pikiran saya bahwa itu bukan hal yang menarik.

Lucu juga mengamati poster-poster itu. Selain gaya mereka yang rata-rata sama, mereka juga suka memasang foto orang yang lebih penting sebagai latar belakangnya. Ini adalah cermin dari budaya beking-bekingan dalam masyarakat kita. Ngomong-ngomong apakah ada pengaruhnya kalau mereka memasang foto orang lain itu di poster mereka?! Atau jangan-jangan ini adalah usul designer grafisnya hehehe. Biar posternya lebih meriah gitu hehehehhe.

Kembali ke laptop, sebenarnya hanya itulah yang membuat saya tertarik untuk melihat poster-poster pemilu. Tidak lebih. Dan hanya itulah yang bisa saya mengerti dari poster-poster itu. 

GNU's Not Unix!

Walaupun tidak bisa 100% Open Source, tapi saya adalah big fans of Open Source. Salut untuk penggiat Open Source sehingga kita berkesempatan untuk belajar dan berbagi besama. 

Ubuntu Linux

Ubuntu adalah OS resmi saya  dari tahun 2005 dan hanya 2 kondisi yang bisa memaksa saya untuk tidak memakai Linux. Istri saya ngambek karena tidak terbiasa dengan interface dan komputer di kantor yang semuanya memakai Window$.

Green Peace

Sangat mengagumi kegigihan para pejuang lingkungan di Greenpeace. Salut untuk semua usaha mereka untuk mewariskan lingkungan yang terjaga untuk anak cucu kita. 

Ernesto Guevara de la Serna

Sikap dan prinsipnya belum ada yang bisa meniru sampai saat ini.

Guns n Roses

Love the music so much. Saya menyebutnya musik yang serius dan nggotanya genius. Setelah Guns n Roses bubar, menurut saya perkembangan musik dunia sudah berhenti (Maksa.......)  

Joomla. Because Open Source Matter

Joomla memberikan kemudahan luar biasa untuk urusan blogging. Memang sempat terpikir untuk memakai Wordpress seperti kebanyakan blogger lain tapi karena sudah kadung lengket dengan Joomla maka saya tetap setia dengan Joomla. Sampai suatu saat Joomla tidak Open Source lagi. 

Copyright © 2014. All Rights Reserved.