Blog

Opini

High Tech Low Tech

Pura-Pura Bodoh

Pura-pura bodoh adalah cara yang paling aman jika kita terjepit dalam kondisi dimana ide atau solusi yang akan kita sampaikan akan terbentur oleh kekuatan yang lebih besar. Ini adalah intisari dari cerita seorang teman yang merasa frustasi dengan kondisi tempat kerjanya. Padahal teman saya ini orangnya kreatif dan juga dinamis. Namun karena kondisi dan kultur tempatnya bekerja tidak memberikan ruang untuk kreativitas maka akhirnya dia menjadi acuh tak acuh. Datang lalu sign in di mesin absensi, bekerja sesuai dengan task list, istirahat makan dan kemudian menunggu waktunya untuk sign out lagi di mesin absen yang sama.

 

Pada awalnya saya tidak percaya dengan ceritanya karena sepengetahuan saya tempatnya bekerja itu sangat bonafid dan juga leader di bidangnya. Namun setelah pembicaraan menjadi lebih serius, akhirnya memang benar adanya apa yang dia ceritakan. Teman saya bukanlah bekerja di reaktor nuklir yang membutuhkan kepatuhan dan kedisiplinan luar biasa. Bukan pula di pabrik roket dengan segala kerumitannya. Bukan pula seorang tentara dimana berargumentasi dengan atasan adalah hal yang haram.

 

Dia mendefinisikan tempatnya bekerja sebagai tempat dimana orang waras dan pintar menjadi seperti penghuni rumah sakit jiwa. Tempat dimana kreativitas dan perbedaan pendapat adalah hal yang haram. Yang ada hanyalah 1 way direction dan walaupun kadang-kadang aneh untuk diimplementasikan tapi tidak ada seorangpun yang berani melakukan koreksi. Terutama para pemimpin yang ada di level executive yang seharusnya bisa memilah mana yang masuk akal dan mana yang tidak. Masih ada beberapa yang waras dan bisa memilah, namun secara umum tidak ada yang mau dan berani untuk melakukan koreksi jika ada yang memang harus dikoreksi. Inilah yang mendasari pendapat teman saya itu bahwa “Pura-pura bodoh adalah cara yang paling aman jika kita terjepit dalam kondisi dimana ide atau solusi yang akan kita sampaikan akan terbentur oleh kekuatan yang lebih besar”

 

Kadang ada waktunya memang cara terbaik untuk bertahan adalah dengan pura pura bodoh

 

GNU's Not Unix!

Walaupun tidak bisa 100% Open Source, tapi saya adalah big fans of Open Source. Salut untuk penggiat Open Source sehingga kita berkesempatan untuk belajar dan berbagi besama. 

Ubuntu Linux

Ubuntu adalah OS resmi saya  dari tahun 2005 dan hanya 2 kondisi yang bisa memaksa saya untuk tidak memakai Linux. Istri saya ngambek karena tidak terbiasa dengan interface dan komputer di kantor yang semuanya memakai Window$.

Green Peace

Sangat mengagumi kegigihan para pejuang lingkungan di Greenpeace. Salut untuk semua usaha mereka untuk mewariskan lingkungan yang terjaga untuk anak cucu kita. 

Ernesto Guevara de la Serna

Sikap dan prinsipnya belum ada yang bisa meniru sampai saat ini.

Guns n Roses

Love the music so much. Saya menyebutnya musik yang serius dan nggotanya genius. Setelah Guns n Roses bubar, menurut saya perkembangan musik dunia sudah berhenti (Maksa.......)  

Joomla. Because Open Source Matter

Joomla memberikan kemudahan luar biasa untuk urusan blogging. Memang sempat terpikir untuk memakai Wordpress seperti kebanyakan blogger lain tapi karena sudah kadung lengket dengan Joomla maka saya tetap setia dengan Joomla. Sampai suatu saat Joomla tidak Open Source lagi. 

Copyright © 2014. All Rights Reserved.