Blog

Opini

High Tech Low Tech

Berkompetisi Secara Elegan dan Beretika

 Kompetisi yang akan kita hadapi dan juga oleh anak cucu kita kedepan makin hari akan makin berat dan keras. Hal ini terjadi disemua aspek kehidupan. Dunia kerja, dunia bisnis, politik dan semua bidang. Sejatinya kompetisi yang makin keras akan membawa efek positif karena akan memunculkan pelaku terbaik dari kompetisi yang ada.

Secara umum kompetisi akan membawa kemajuan dalam kehidupan pelakunya. Keuntungan juga akan dirasakan oleh pihak yang menerima hasil dari proses kompetisi tersebut. Secara langsung maupun tidak langsung, kompetisi akan membawa peningkatan mutu yang pada akhirnya akan bisa dinikmati oleh pemakai dari hasil kompetisi tersebut dan juga pelakunya. Contoh efek langsungnya adalah komsumen atau pemakai akan mendapatkan produk terbaik. Contoh tidak langsungnya adalah adanya peningkatan kualitas dalam diri (baik individu maupun organisasi) dari pihak-pihak yang melakukan kompetisi tersebut. Peningkatan kualiatas yang terjadi dalam diri peserta kompetisi sudah pasti terjadi karena adanya tuntutan untuk memenangkan kompetisi itu.

Secara ideal proses kompetisi akan menghasilkan produk terbaik dan orang-orang terbaik juga. Namun kadang-kadang ada kompetisi yang akhirnya tidak menghasilkan kedua hal tersebut. Kalau untuk produk, secara logika memang pasti akan dihasilkan produk terbaik. Tapi kadang ada kompetisi yang akhirnya tidak menghasilkan orang-orang terbaik. Dalam artian kualitas dari individu peserta kompetisi bukan meningkat karena proses kompetisi yang dia ikuti. Yang ada malah kualitas diri peserta kompetisi malah menurun. Pemenang kompetisi pastilah individu dan atau organisasi terbaik. Terbaik dalam arti bahwa pemenang adalah mereka yang mempunyai gabungan elemen-elemen yang paling bagus. Bahasa sederhananya kekuatan mereka lebih besar daripada kelemahannya.

Ketatnya kompetisi dan kerasnya tekanan yang harus dihadapi para pesertanya kadang membuat mereka harus mengeluarkan semua kemampunnya. Untuk mereka yang mempunyai kapasitas yang memadai dalam dunia yang dihadapi maka hal itu tentunya bukan menjadi masalah. Tapi untuk peserta yang kemampuannya tidak pada level kompetisi yang mereka hadapi maka akan mungkin berdampak negatif terhadap kualitas individu mereka. Ada kemungkinan mereka akan terpacu dan ada kemungkinan mereka akan hancur oleh kompetisi yang mereka jalani.

Contohnya adalah peserta kompetisi yang memanfaatkan segala cara untuk mencapai posisi tertentu. Melakukan hal-hal yang diluar etika dan kadang melanggar norma hukum juga. Nah inilah yang dimaksud dengan efek negatif kompetisi. Saat para pecundang ini masuk kedunia kompetisi yang mereka jalani, mungkin saja mereka adalah pribadi yang baik. Tapi karena kerasnya tuntutan dan tidak adanya toleransi dan juga  kesalahan persepsi dalam memandang kegagalan maka mereka akhirnya menjadi para pecundang yang akhirnya memanfaatkan segala macam cara untuk bertahan.

Para pecundang ini biasanya tidak segan membarter integritas mereka agar tetap bisa eksis. Dalam dunia kerja, golongan ini adalah orang-orang yang suka sikut sini sikut sana. Mereka adalah politisi sejati dikantornya yang mempaktekkan segala trik yang ada dalam politik praktis sebenarnya. Perbedaannya hanya mereka ini tidak membuat baliho besar untuk dipasang di perempatan jalan raya wakakakakak.  Bukan politik kantornya yang kotor tapi pelakunya yang kotor.

Menurut saya pribadi (sekali lagi menurut saya pribadi), boleh-boleh saja berpolitik ditempat kerja karena disemua tempat, office politic pasti ada. Tapi tetap kedepankan norma, agar jangan sampai kita menjadi bahan tertawaan rekan kerja (Ini juga nasehat untuk diri saya sendiri) .

Astungkara

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

GNU's Not Unix!

Walaupun tidak bisa 100% Open Source, tapi saya adalah big fans of Open Source. Salut untuk penggiat Open Source sehingga kita berkesempatan untuk belajar dan berbagi besama. 

Ubuntu Linux

Ubuntu adalah OS resmi saya  dari tahun 2005 dan hanya 2 kondisi yang bisa memaksa saya untuk tidak memakai Linux. Istri saya ngambek karena tidak terbiasa dengan interface dan komputer di kantor yang semuanya memakai Window$.

Green Peace

Sangat mengagumi kegigihan para pejuang lingkungan di Greenpeace. Salut untuk semua usaha mereka untuk mewariskan lingkungan yang terjaga untuk anak cucu kita. 

Ernesto Guevara de la Serna

Sikap dan prinsipnya belum ada yang bisa meniru sampai saat ini.

Guns n Roses

Love the music so much. Saya menyebutnya musik yang serius dan nggotanya genius. Setelah Guns n Roses bubar, menurut saya perkembangan musik dunia sudah berhenti (Maksa.......)  

Joomla. Because Open Source Matter

Joomla memberikan kemudahan luar biasa untuk urusan blogging. Memang sempat terpikir untuk memakai Wordpress seperti kebanyakan blogger lain tapi karena sudah kadung lengket dengan Joomla maka saya tetap setia dengan Joomla. Sampai suatu saat Joomla tidak Open Source lagi. 

Copyright © 2014. All Rights Reserved.