Blog

Opini

High Tech Low Tech

Kenali Diri Sendiri Lewat Orang Lain

 Sudah sangat biasa kalau orang-orang mengatakan bahwa kitalah yang paling tahu atau kenal dengan diri kita sendiri. Tapi sebenarnya kita juga bisa mengenali diri kita lewat orang lain. Dengan syarat orang itu adalah orang yang dekat dan mau memberikan opini yang jujur tentang kita.

Siapakah orang yang mau memberikan opini yang jujur tentang diri kita. Secara sederhana orang itu adalah orang yang dekat dan memang mempunyai perhatian terhadap kita. Dalam hal ini, pasangan hidup (istri/suami) dan sahabat dekat adalah orang yang paling tepat untuk memberikan opini untuk kita.

Jika belum mempunyai pasangan hidup, sahabat dekat adalah orang yang tepat kita gunakan sebagai cermin untuk mengetahui lebih banyak tentang diri kita. Kenapa bukan pacar atau kekasih? Menurut saya, periode pacaran sangat mempengaruhi tingkat kedalaman opininya tentang diri kita. Selain itu kompleksnya perasaan yang terlibat juga menetukan kenetralan opini.

Lain halnya dengan suami/istri. Pada umumnya pasangan yang sudah memutuskan untuk menikah pastinya telah mengetahui karakter pasangannya dengan baik. Entah itu karakter yang mereka sama-sama sukai ataupun karakter yang mereka sama-sama tidak sukai. Selain itu pasangan suami istri memang telah berkomitmen untuk membangun rumah tangga yang salah satunya berarti mendukung satu sama lain untuk hal yang lebih baik.

Sedangkan sahabat dekat menurut saya akan lebih fair memberikan opini terhadap kita. Mungkin ada sahabat-sahabat yang enggan memberikan opini yang sekiranya akan berlawanan atau beseberangan dengan kita. Tapi pada umumnya jika kita meminta dengan serius agar sahabat kita memberikan opini yang jujur, pasti mereka akan bersedia memberikannya. Mungkin Anda harus menambahkan bahwa apapun opininya, hal yang dia sampaikan tidak akan merubah persabatan yang sudah terbina.

Baiklah, kembali ke bahasan yang utama. Terlepas dari kualitas hubungan yang kita jalani dengan pasangan hidup kita. Sebenarnya pasangan hidup kita adalah orang yang paling tepat untuk kita mintai pendapat dan bantuan untuk mendeskripsikan diri kita. Secara kuantitas waktu, kita menghabiskan sebagian besa waktu kita dengannya.

Pasangan hidup mempunyai waktu yang cukup untuk mengamati dan mengetahui karakter kita. Baik hal-hal positif (yang perlu kita pertahankan) dan hal-hal negative (yang perlu kita perbaiki). Jadi jika memang ingin mengetahui “penampakan” diri kita dari mata orang lain, coba tanyailah pendapat pasangan hidup and tentang diri Anda sendiri.

Untuk melakukan ini (dengan serius), memang diperlukan keberanian untuk menerima hal-hal yang sekiranya akan berseberangan dengan apa yang kita harapakan. Selain itu, kejujuran pasangan hidup kita dalam memberikan deskripsi sangat diperlukan. Mungkin saja opini yang diberikan membuat kita marah, malu atau terjadi penolakan dalam diri kita terhadap opini yang disampaikan. Tapi dalam hal ini kita sebagai harus menerima hal ini dalam kerangka berpikir positif. Karena secara logika opini yang diberikan oleh pasangan kita pasti bertujuan untuk hal-hal positif.

Dalam hal ini keterbukaan kita dalam menerima kritikn akan sangat membantu. Jangan terlalu khawatir karena toh hal ini hanya akan menjadi urusan Anda berdua bukan? Untuk hal-hal yang sudah berjalan pada jalur yang benar, maka itu harus dipertahnkan. Dan hal-hal yang belum berjalan pada jalurnya yang benar maka ini wajib diperbaiki. Jangn lupasatu hal, kalu kesimpulannya memang ada yang harus dirubah, maka pasti perubahan itu untuk kepentingan bersama.

Photo by Dcosand@Flickr

GNU's Not Unix!

Walaupun tidak bisa 100% Open Source, tapi saya adalah big fans of Open Source. Salut untuk penggiat Open Source sehingga kita berkesempatan untuk belajar dan berbagi besama. 

Ubuntu Linux

Ubuntu adalah OS resmi saya  dari tahun 2005 dan hanya 2 kondisi yang bisa memaksa saya untuk tidak memakai Linux. Istri saya ngambek karena tidak terbiasa dengan interface dan komputer di kantor yang semuanya memakai Window$.

Green Peace

Sangat mengagumi kegigihan para pejuang lingkungan di Greenpeace. Salut untuk semua usaha mereka untuk mewariskan lingkungan yang terjaga untuk anak cucu kita. 

Ernesto Guevara de la Serna

Sikap dan prinsipnya belum ada yang bisa meniru sampai saat ini.

Guns n Roses

Love the music so much. Saya menyebutnya musik yang serius dan nggotanya genius. Setelah Guns n Roses bubar, menurut saya perkembangan musik dunia sudah berhenti (Maksa.......)  

Joomla. Because Open Source Matter

Joomla memberikan kemudahan luar biasa untuk urusan blogging. Memang sempat terpikir untuk memakai Wordpress seperti kebanyakan blogger lain tapi karena sudah kadung lengket dengan Joomla maka saya tetap setia dengan Joomla. Sampai suatu saat Joomla tidak Open Source lagi. 

Copyright © 2014. All Rights Reserved.