Blog

Opini

High Tech Low Tech

Bekerja Sesuai Hobby Bukan Berarti Tanpa Tantangan

Pastinya sudah banyak yang bilang bahwa bekerja sesuai dengan hobby akan lebih menyenangkan. Ibaratnya kita melakukan hal yang kita senangi dan mendapat bayaran pula. Yang lebih ekstrim lagi dibayar untuk bersenang-senang he he he.  Namun bukan berarti bekerja sesuai dengan hobi bukan berarti tanpa tantangan.

Dalam ruang lingkup yang paling sederhana, kita bekerja untuk menghasilkan uang. Bisa saja ada banyak alasan lain tapi secara umum pasti kita bekerja untuk mendapatkan uang. Adanya keterlibatan uang (faktor finansial) memang tidak bisa dihindari dalam dunia profesional. Hal inilah yang membedakan jika kita melakukan sesuatu untuk hobi dan bekerja. Walaupun misalnya yang kita kerjakan adalah hobi. Dalam dunia professional pasti kita akan mengalami dead line, tuntutan kualitas dan juga beragam karakter orang yang terlibat dalam hal yang kita kerjakan. Inilah tantangan yang pasti kita temui.

Sekalipun pilihan seseorang adalah menjadi freelancer tetap saja yang namanya dead line akan memburu. Kadang ada yang ketat atau ada juga yang bisa dikerjakan dengan normal. Misalnya seseorang yang hobi fotografi yang memilih menjadi fotografer professional. Dia menggarap proyek foto produk yang harus selesai untuk peluncuran akhir tahun. Kebetulan pada bulan Desember banyak proyek lain yang harus dia kerjakan. Nah klien pasti tidak mau tahu urusan proyek lain. Asal sang fotografer sudah menyanggupi dari awal maka mau tidak mau foto produk itu harus bisa diselesaikan sesuai kesepakatan.

Kalau mau tetap eksis dalam persaingan maka kualitas adalah hal yang harus dijaga dengan baik. Kalau job mau tetap mengalir maka tidak ada tawar menawar untuk kualitas pekerjaan yang kita hasilkan. Lain halnya jika kita mengerjakan hobi yang didefinisikan sebagai pengisi waktu luang. Tidak ada tuntutan kualitas atas apa yang kita kerjakan.

Sebagian besar pekerjaan akan menuntut kita berinteraksi dengan orang lain. Baik yang terlibat dalam proses pekerjaan atau bisa jadi klien yang memberi pekerjaan. Orang-orang itu biasanya memiliki karakter yang berbeda-beda. Kadang kita menemukan orang dengan karakter yang menyenangkan. Tapi sering juga kita berurusan dengan orang berkarakter menyebalkan. Ini juga merupakan tantangan tersendiri. Contohnya adalah klien yan cerewet dan suka berubah-ubah keinginannya. Jika kita hanya mengerjakan hobi maka dengan santai kita bisa suruh orang ini ke laut aja. Tapi karena ini adalah urusan professional maka tidak ada pilihan selain menghadapinya.

Bekerja sesuai dengan hobi memang bukan berarti tanpa tantangan, namun bekerja sesuai hobi adalah hal yang menyenangkan. Kita mendapat kesempatan melakukan hal yang sesuai dengan passion kita. Sebuah kesempatan yang tidak banyak dimiliki oleh orang kebanyakan. Jadi apa passion anda? 

GNU's Not Unix!

Walaupun tidak bisa 100% Open Source, tapi saya adalah big fans of Open Source. Salut untuk penggiat Open Source sehingga kita berkesempatan untuk belajar dan berbagi besama. 

Ubuntu Linux

Ubuntu adalah OS resmi saya  dari tahun 2005 dan hanya 2 kondisi yang bisa memaksa saya untuk tidak memakai Linux. Istri saya ngambek karena tidak terbiasa dengan interface dan komputer di kantor yang semuanya memakai Window$.

Green Peace

Sangat mengagumi kegigihan para pejuang lingkungan di Greenpeace. Salut untuk semua usaha mereka untuk mewariskan lingkungan yang terjaga untuk anak cucu kita. 

Ernesto Guevara de la Serna

Sikap dan prinsipnya belum ada yang bisa meniru sampai saat ini.

Guns n Roses

Love the music so much. Saya menyebutnya musik yang serius dan nggotanya genius. Setelah Guns n Roses bubar, menurut saya perkembangan musik dunia sudah berhenti (Maksa.......)  

Joomla. Because Open Source Matter

Joomla memberikan kemudahan luar biasa untuk urusan blogging. Memang sempat terpikir untuk memakai Wordpress seperti kebanyakan blogger lain tapi karena sudah kadung lengket dengan Joomla maka saya tetap setia dengan Joomla. Sampai suatu saat Joomla tidak Open Source lagi. 

Copyright © 2014. All Rights Reserved.