Blog

Opini

High Tech Low Tech

Adil Seperti Matahari

 

Seperti matahari, itulah jawaban atas pertanyaan hati kecil saya mengenai tentang apa definisi keadilan. Kehadirannya pasti, walaupun ada siang dan malam namun kedatangannya adalah sebuah kepastian. Matahari menyinari seluruh pelosok bumi tanpa memilih. Tidak semua bagian bumi mendapat bagian yang sama namun tidak bisa disangsikan bahwa setiap sinarnya membawa manfaat untuk semua mahkluk.Seperti matahari, itulah jawaban atas pertanyaan hati kecil saya mengenai tentang apa definisi keadilan. Kehadirannya pasti, walaupun ada siang dan malam namun kedatangannya adalah sebuah kepastian. Matahari menyinari seluruh pelosok bumi tanpa memilih. Tidak semua bagian bumi mendapat bagian yang sama namun tidak bisa disangsikan bahwa setiap sinarnya membawa manfaat untuk semua mahkluk.

Daerah katulistiwa mendapat sinar matahari sepanjang tahun, tapi semakin menepi dari daerah pusat putaran bumi maka intesitas cahaya matahari akan makin berkurang. Adil memang tidak harus sama. Tanaman yang tumbuh di daerah sub tropis bisa hidup dengan baik dengan intesitas sinar matahari yang kurang dari apa yang terdapat di daerah tropis. Bahkan jika mereka mendapat sinar yang lebih banyak bisa berakibat kurang bagus. Jadi apa yang diberikan oleh matahari merupakan sesuatu yang ideal.

Pada perjalanannya, keadilan memang akhirnya mirip seperti matahari. Dalam hati kecil setiap orang pasti mendambakan keadilan dan sangat menyetujuinya. Namun bagi pihak yang bisa”mengatur” keadilan maka pastinya keadilan bukanlah sesuatu yang didamba. Sama halnya dengan matahari yang sinarnya begitu member banyak hal positif namun tetap saja ada yang tidak menyenangi kehadirannya.

Saat panasnya yang menyengat di siang hari  semua orang berusaha mencari tempat yang teduh. Saat sinarnya yang menbawa panas begitu rupa, orang-orang berusaha mengendalikan pengaruhnya terhadap suhu di sekitarnya.  Muncullah kipas angin, pendingin ruangan dan sejenisnya. walau begitu banyak hal positif yang dibawanya, tetap saja ada pihak yang tidak menyenangi kehadirannya.

Upaya tulus matahri untuk member energi kehidupan di muka bumi juga tidak selamanya tanpa halangan. Kadang sinar matahari hanya bisa sampai dalam intensitas yang lemah karena terhalang awan yang tebal. Mirip dengan keadilan yang tidak selamanya bisa muncul dengan kuat. Menghadapi sebuah proses yang panjang dan meragukan bagi pihak-pihak yang begitu menginginkannya.

Tanpa melibatkan perasaan, itulah cara matahari menyinari bumi dan memberikan pengaruhnya terhadap planet-planet yang mengelilinginya. Begitu juga seharunya keadilan diterapkan. Tanpa perasaan dan tidak bisa memilih. 

GNU's Not Unix!

Walaupun tidak bisa 100% Open Source, tapi saya adalah big fans of Open Source. Salut untuk penggiat Open Source sehingga kita berkesempatan untuk belajar dan berbagi besama. 

Ubuntu Linux

Ubuntu adalah OS resmi saya  dari tahun 2005 dan hanya 2 kondisi yang bisa memaksa saya untuk tidak memakai Linux. Istri saya ngambek karena tidak terbiasa dengan interface dan komputer di kantor yang semuanya memakai Window$.

Green Peace

Sangat mengagumi kegigihan para pejuang lingkungan di Greenpeace. Salut untuk semua usaha mereka untuk mewariskan lingkungan yang terjaga untuk anak cucu kita. 

Ernesto Guevara de la Serna

Sikap dan prinsipnya belum ada yang bisa meniru sampai saat ini.

Guns n Roses

Love the music so much. Saya menyebutnya musik yang serius dan nggotanya genius. Setelah Guns n Roses bubar, menurut saya perkembangan musik dunia sudah berhenti (Maksa.......)  

Joomla. Because Open Source Matter

Joomla memberikan kemudahan luar biasa untuk urusan blogging. Memang sempat terpikir untuk memakai Wordpress seperti kebanyakan blogger lain tapi karena sudah kadung lengket dengan Joomla maka saya tetap setia dengan Joomla. Sampai suatu saat Joomla tidak Open Source lagi. 

Copyright © 2014. All Rights Reserved.