Blog

Opini

High Tech Low Tech

Bagaikan Bulan di Atas Daun Talas


Bulan dipakai sebagai lambang kecantikan dan keindahan, namun bukan sebagai lambang kekuatan. Tanpa memiliki sumber cahaya sendiri maka adalah hal yang mustahil bagi bulan untuk bisa bersikap seperti matahari. Saat kekuatan yang lebih besar menghadang maka dia hanya bisa diam tak bercahaya. Kala bumi menjadi penghalang cahaya matahari bagi bulan. Bulan hanya bisa menunggu sampai masa rotasinya tidak terhalang oleh bumi.

Bulan sabit, bulan purnama dan bulan mati adalah refleksi tidak konsistennya bulan. Lambang dari ketergantungan terhadap posisinya terhadap matahari dan bumi. Mana mungkin bisa menentukan bentuk sendiri kalau cahaya masih tergantung kepada matahari. Saat malam berkuasa atas bumi maka bulan akan tetap menemani kemanapun pemilik bumi pergi. Inilah ilmu yang dikuasai orang yang tidak memiliki independensi.  Sebisa mungkin menempel kepada induk semangnya.

Dalam keseharian sifat bulan juga sering ditiru oleh banyak orang. Ada momen dimana kita harus bertindak menunggu seperti sang bulan. Tanpa kekuatan untuk mengatur kecuali diam dan melihat. Bahkan mungkin berharap masa rotasi bisa dipercepat agar cahaya pinjaman yang dimilikinya bisa kembali seolah menyala. Melawan dan memaksa bumi juga tidak berguna karena gaya gravitasinya lebih besar.

Menjadi bayang-bayang matahari membuat bulan bisa berkuasa atas bumi. Pasang dan surut air laut diatur seenaknya sendiri. Walapun tidak sampai mengalahkan gravitasi bumi tapi efeknya luar biasa karena sebagian besar permukaaan bumi adalah lautan. Sebuah pilihan yang cerdas karena menohok bagian yang sangat kentara sehingga efeknya poluler. Sebuah ilmu lain yang ditiru oleh ras tanpa independensi. Walapun tidak punya cahaya sendiri tapi tetap bisa membuat air laut menari.

Gigih menempuh malam adalah ciri khas sang bulan. Dalam ketiadaan matahari, bulan berusaha menjadi penguasa gelap. Melihat kegigihan bulan, akhirnya alam bersimpati dengan memberinya cahaya sendiri. Sumber cahaya palsu yang membuat bulan kehilangan independensinya memang menjadikan bulan menjadi cacat.

Namun alam sangat terkejut dengan jawaban bulan. Setelah alam berbaik hati member cahaya sendiri bagi bulan, dia malah menolaknya. Alasannya sederhana, bulan tidak berani bertanggungjawab atas cahaya yang dimilikinya. Dia memilih untuk menghindar dari tanggungjawab dan lebih senang dengan kondisinya sekarang. Lebih aman walaupun sering dihujat atas perubahan alam yang yang terjadi di bumi. Namun bulan tetap yakin dan merasa aman karena dia telah mengekor matahari.  

GNU's Not Unix!

Walaupun tidak bisa 100% Open Source, tapi saya adalah big fans of Open Source. Salut untuk penggiat Open Source sehingga kita berkesempatan untuk belajar dan berbagi besama. 

Ubuntu Linux

Ubuntu adalah OS resmi saya  dari tahun 2005 dan hanya 2 kondisi yang bisa memaksa saya untuk tidak memakai Linux. Istri saya ngambek karena tidak terbiasa dengan interface dan komputer di kantor yang semuanya memakai Window$.

Green Peace

Sangat mengagumi kegigihan para pejuang lingkungan di Greenpeace. Salut untuk semua usaha mereka untuk mewariskan lingkungan yang terjaga untuk anak cucu kita. 

Ernesto Guevara de la Serna

Sikap dan prinsipnya belum ada yang bisa meniru sampai saat ini.

Guns n Roses

Love the music so much. Saya menyebutnya musik yang serius dan nggotanya genius. Setelah Guns n Roses bubar, menurut saya perkembangan musik dunia sudah berhenti (Maksa.......)  

Joomla. Because Open Source Matter

Joomla memberikan kemudahan luar biasa untuk urusan blogging. Memang sempat terpikir untuk memakai Wordpress seperti kebanyakan blogger lain tapi karena sudah kadung lengket dengan Joomla maka saya tetap setia dengan Joomla. Sampai suatu saat Joomla tidak Open Source lagi. 

Copyright © 2014. All Rights Reserved.