Blog

Opini

High Tech Low Tech

Green Peace KW2

 

Menjadi pendukung Green Peace bukan berarti harus ikut menghadang kapal-kapal pengebor minyak di laut lepas. Memang itu salah satu cara tapi bukan satu-satunya cara. Banyak cara yang bisa dilakukan, bahkan pada level yang sangat sederhana sekalipun. Dimulai dari diri sendiri dan menularkan kepada lingkungan terdekat. Berikut ini adalah salah satunya

 

  1. Kurangi Penggunaan Kertas

    Kertas dibuat dari kayu yang tumbuh di hutan tropis. Walapun dilakukan penanaman kembali (reboisasi), tetap saja penebangan hutan adalah kegiatan yang merusak lingkungan. Jadi sebisa mungkin harus ditahan. Kita tidak bisa menahan pihak-pihak yang mempunyai kekuasaan untuk menebang hutan. Tapi kita bisa menahan diri kita untuk memakai kertas. Jadi cetak dokumen seperlunya saja. Kalau masih bagus, kertas yang sudah terpakai masih bisa digunakan untuk mencetak lagi pada bagian yang belum tercetak. Kalau sudah terpakai pada kedua sisi, masih bisa dipakai untuk mengelap kaca jendela. Kalau masih punya banyak, jual saja untuk bungkus kacang heheheh.

  1. Pakai Ulang Plastik Bekas

    Plastik memerlukan waktu yang sangat lama agar bisa terurai. Gunakan plastik seperlunya. Kalau masih bisa, pakailah tas kertas. Bila perlu tas kertas yang dibuat dari kertas daur ulang. Tapi ingat jangan memakai tas kertas untuk menampung benda cair, bisa bocor nanti hehhehe.

     

  2. Hemat BBM

    Hemat bahan bakar minyak. Gunakan kendaraan seperlunya. Kalau jarak memungkinkan pakai saja sepeda. Pilihan lainnya adalah gunakan kendaraan umum agar lebih efisien. Kalau di Bali ada Bus Sarbagita, atau Trans Jakarta di Ibu Kota.

  1. Gunakan Peralatan Hemat Listrik

    Lebih baik memakai lampun neon yang hemat energi daripada lampu pijar biasa yang boros. Memang harganya relatif lebih mahal tapi kalau dihitung jauh lebih murah daripada pulsa yang anda beli tiap bulannya.

     

    Dari sisi perangkat lunak, gunakan perangkat lunak yang hemat energi. Kurangi penggunaan Window$ yang boros reources dan beralihlah ke Linux yang hemat energi (Blog ini ditulis dengan OS Linux)

     

    Ganti semua prosesor versi lama dengan prosesor baru yang lebih hemat energi. Jaman sekarang ini ada lho komputer yang berjalan dengan prosesor Pentium hehehehehe (curhat dikit, semoga didengar hehehe)

     

  2. Hemat Bandwith

    Gunakan bandwith internet dengan bijak. Tinggalkan browser tua renta plus super berat yang bernama Internet Explorer. Beralihlah ke Google Chrome, Firefox atau Opera dengan manajemen cache yang lebih baik.

     

    Selain itu lakukan komunikasi lewat internet dengan efisien. Saya mendapat pelajaran berharga tentang hemat bandwith ini. Salah satu atasan saya mengkampanyekan penghilangan segala macam bentuk basa-basi dalam email. Kalau untuk komunikasi internal dia mengharamkan segala bentuk bla bla bla yang tidak perlu. Misalnya saat mengirim laporan, kita hanya perlu mengirim file nya saja tanpa perlu mengetik pengantarnya. Plus tidak perlu memakai signature dalam email yang kita pakai. Kecuali kalau kita berkomunikasi dengan pihak eksternal.

  3. Hemat Air

    Gunakan air dengan bijak. Sebagian besar tubuh kita terdiri dari air, oleh karena itu kita harus banyak minum air agar level air tetap terjaga. Jadi yang fungsi utama air adalah untuk diminum. Maksud saya kalau untuk mandi, mencuci dan lain sebagainya adalah bukan yang utama. Oleh karena itu kalau memang tidak perlu-perlu banget, kita tidak usah mandi lah. Ini adalah salah satu cara kita untuk hemat air.

Selamat mencoba, pasti salah satu cara diatas bisa anda terapkan untuk mendukung Green Peace. 

GNU's Not Unix!

Walaupun tidak bisa 100% Open Source, tapi saya adalah big fans of Open Source. Salut untuk penggiat Open Source sehingga kita berkesempatan untuk belajar dan berbagi besama. 

Ubuntu Linux

Ubuntu adalah OS resmi saya  dari tahun 2005 dan hanya 2 kondisi yang bisa memaksa saya untuk tidak memakai Linux. Istri saya ngambek karena tidak terbiasa dengan interface dan komputer di kantor yang semuanya memakai Window$.

Green Peace

Sangat mengagumi kegigihan para pejuang lingkungan di Greenpeace. Salut untuk semua usaha mereka untuk mewariskan lingkungan yang terjaga untuk anak cucu kita. 

Ernesto Guevara de la Serna

Sikap dan prinsipnya belum ada yang bisa meniru sampai saat ini.

Guns n Roses

Love the music so much. Saya menyebutnya musik yang serius dan nggotanya genius. Setelah Guns n Roses bubar, menurut saya perkembangan musik dunia sudah berhenti (Maksa.......)  

Joomla. Because Open Source Matter

Joomla memberikan kemudahan luar biasa untuk urusan blogging. Memang sempat terpikir untuk memakai Wordpress seperti kebanyakan blogger lain tapi karena sudah kadung lengket dengan Joomla maka saya tetap setia dengan Joomla. Sampai suatu saat Joomla tidak Open Source lagi. 

Copyright © 2014. All Rights Reserved.